Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Muda dan Inspiratif, Mahasiswi UMN Ini Dirikan Startup Melalui Inkubator Skystar Ventures UMN

Startup ini menghadirkan aplikasi yang menjadi perantara antara bank/pemerintah/badan usaha lainnya dan UMKM perempuan untuk membantu proses pendanaan

Editor: Content Writer
zoom-in Muda dan Inspiratif, Mahasiswi UMN Ini Dirikan Startup Melalui Inkubator Skystar Ventures UMN
Istimewa
Program Inkubasi Supergirls in Tech 

TRIBUNNEWS.COM - Perkembangan teknologi melahirkan sosok-sosok CEO muda Indonesia yang kualitas karyanya tidak perlu diragukan lagi. Tentunya, umur bukan menjadi hambatan bagi mereka untuk merealisasikan dan mewujudkan mimpinya.

Salah satu contoh anak muda berbakat adalah Gloria Mairani, mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara jurusan Ilmu Komunikasi. Sejak tahun 2019, Gloria Mairani aktif mengikuti program yang dilaksanakan oleh inkubator bisnis Universitas Multimedia Nusantara, yaitu Skystar Ventures. Mulai dari Skystar Innovation Challenge, Startup Weekend Indonesia Next Gen, hingga program inkubasi Super Girls In Tech yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Motivasi Gloria untuk berpartisipasi dalam semua kegiatan Skystar Ventures adalah mimpi yang dimilikinya. Ia bertekad untuk membuat perusahaan sendiri agar dapat membantu banyak orang.

Dalam prosesnya, Gloria pernah mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara program Skystar Ventures, kegiatan akademis, dan organisasi kampus. Oleh karena itu, saat mengikuti kegiatan Skystar Innovation Challenge, Gloria sedikit kewalahan karena kegiatan yang dilaksanakan secara offline. Namun, hal ini tidak membuat Gloria menyerah, ia berhasil mengatasi masalah tersebut dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari agar lebih tertata.




Selanjutnya, Gloria mengatakan bahwa skill penting yang harus dimiliki oleh seorang CEO sebuah startup adalah communication, leadership, dan design thinking. Rasa empati juga perlu diasah supaya peka terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Gloria sendiri telah mempraktekkan semua skill ini saat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Skystar Ventures.

Dalam program inkubasi Super Girls In Tech, Gloria dan tim berhasil menjadi pemenang setelah membuat startup bernama Saraya. Startup ini menghadirkan sebuah aplikasi yang menjadi perantara antara bank/pemerintah/badan usaha lainnya dengan UMKM perempuan untuk membantu proses pendanaan. Selain itu, Saraya juga menyediakan layanan community development yang bekerja sama dengan beberapa koperasi untuk membina UMKM. Wah, sangat menarik, ya!

Saat ini, Gloria sedang mengembangkan aspek marketing dan community development dari startup-nya, ia berharap tahun depan Saraya bisa mulai terjun ke lapangan. Tidak hanya itu, Gloria dan tim juga fokus mencari funding agar bisa mengembangkan produk Saraya menjadi lebih baik lagi.

Setelah mengikuti semua kegiatan Skystar Ventures, Gloria sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk dapat mengembangkan skill khususnya di bidang entrepreneurship. “Kuliah itu memang penting, tetapi kamu juga perlu mempraktekkan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kamu juga bisa memberikan dampak positif bagi orang lain di luar sana,” pesan Gloria kepada teman-teman mahasiswa lainnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas