Tribun Techno

Edutech Ruangguru Gelar Ruang Literasi Digital

Perusahaan teknologi di bidang pendidikan (edutech) Ruangguru menggelar ruang literasi digital.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Edutech Ruangguru Gelar Ruang Literasi Digital
Ruangguru
Ruangguru 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan teknologi di bidang pendidikan (edutech) Ruangguru menggelar ruang literasi digital.

Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), program ruang literasi digital berhasil mengedukasi hampir 350 ribu orang.

Kepala Kebijakan Publik Ruangguru Amri Ilmma menuturkan, pihaknya fokus menjangkau seluas-luasnya masyarakat dengan mengadakan 40 webinar yang diikuti kalangan dosen, mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga.

Baca juga: Promosikan Desa Mandiri Sabdodadi Bantul hingga ke New York, Platform Edukasi Ini Raih Rekor MURI 

Dari berbagai video edukasi yang hadir di platform ruang literasi digital, Ruangguru mencatat beberapa konten edukasi keamanan siber yang paling banyak diminati masyarakat.

"Kami sangat bangga mengumumkan bahwa 50 konten video yang diluncurkan sejak November 2021 telah diakses oleh lebih dari 350.000 orang yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia," ucap Amri dalam keterangannya, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Dukung Vaksinasi Anak di Blitar, Puan Maharani Tekankan Edukasi ke Orang Tua

Berdasarkan survei Index Cybersecurity Exposure (ICE) tahun 2020, tingkat kejahatan siber di Indonesia mencapai 0,62, atau lebih tinggi dari rata-rata global yang berkisar di 0,54.

Kominfo mencatat ada lebih dari 200 ribu kasus penipuan perbankan yang dilaporkan selama Maret 2020 hingga November 2021, angka ini sudah masuk kondisi darurat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan program ini menjangkau banyak masyarakat dari berbagai lapisan sekaligus membantu mengakselerasi program Nasional Literasi Digital.

"Tingginya minat di konten edukasi perlindungan data dan kejahatan siber ini akan membantu Indonesia mengurangi ancaman siber," tuturnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas