Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Muncul Kloning Game Populer Wordle di App Store, Pihak Apple Lakukan Tindakan Tegas

Permainan menebak kata sederhana, Wordle mendadak booming karena selain membuat ketagihan game ini juga dapat dinikmati gratis di web atau browser

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Muncul Kloning Game Populer Wordle di App Store, Pihak Apple Lakukan Tindakan Tegas
Ars Technica
Wordle kini menjadi salah satu game permainan teka-teki kata paling populer di seluruh dunia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Permainan menebak kata sederhana, Wordle mendadak booming karena selain membuat ketagihan game ini juga dapat dinikmati gratis di web atau browser tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.

Sayangnya, muncul game yang mirip dengan Wordle di Apple Store.

Dikutip dari situs engadget.com, Rabu (12/01/2022), games sederhana dengan menebak kata dari lima huruf baru ini dapat dimainkan tanpa iklan dan diciptakan pertama kali oleh pengembang perangkat lunak bernama Josh Wardle. Saat ini Wardle belum membuat versi aplikasi dari game ini, membuat pengembang lain membuat tiduran atas game buatannya itu.

Baca juga: Beri Bonus Hingga Rp 2 Miliar, Apple Minta Karyawan Tidak Pindah ke Meta

Salah satunya adalah pengembang Zach Shakked yang membuat aplikasi Bernama Wordle – The App. Aplikasi ini memiliki tampilan kotak kata yang hampir mirip dengan versi aslinya dan bahkan menggunakan skema warna yang sama.

Pembedanya pada aplikasi buatan Shakked adalah diharuskan mendaftar dan berlangganan “PRO” dengan biaya sebesar $29,99 dengan uji coba gratis selama tiga hari.

Dengan game tiruannya ini, Shakked dilaporkan telah menerima keuntungan yang didapat dari popularitas games aslinya, Wordle. Namun, Shakked bukanlah satu-satunya pengembang yang berusaha memanfaatkan popularitas Wordle.

Baca juga: Apple Disebut Akan Menyematkan Lensa Periskop untuk iPhone 15

BERITA TERKAIT

Aplikasi Shakked adalah salah satu dari enam aplikasi tiruan game permainan kata Wordle yang diluncurkan di App Store dalam delapan hari.

Walaupun bukan hal baru munculnya aplikasi tiruan, namun para pengembang game telah mengeluhkan hal ini.

Untuk mengurangi keluhan-keluhan ini, pihak Apple akhirnya telah menghapus aplikasi-aplikasi tiruan yang berusaha memanfaatkan kesuksesan Wordle.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas