Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Teknologi Berbasis Multimedia Mudahkan Siswa Menyerap Materi Pelajaran Sekolah dari Guru

teknologi multimedia seperti virtual reality (realitas maya) bisa digunakan sebagai teknologi pembelajaran yang memungkinkan pengguna dapat berinterak

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Teknologi Berbasis Multimedia Mudahkan Siswa Menyerap Materi Pelajaran Sekolah dari Guru
Ist
sosialisasi teknologi perangkat lunak untuk bahan ajar guru 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana dan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat menggelar sosialisasi teknologi perangkat lunak untuk bahan ajar guru, Rabu (12/1/2022). 

Kegiatan yang digelar virtual dalam rangka Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini dibuka oleh Riza Manfaluthi, Kepala Pusat P2KPTK2 Jakarta Barat ini diikuti 140 guru SD, SMP, maupun SMA di wilayah Jakarta Barat.

Ratna Mutu Manikam, S Kom MT yang menjadi narasumber workshop ini menjelaskan, penggunaan perangkat lunak dalam pembuatan bahan ajar berbasis multimedia akan memudahkan siswa lebih mudah memahami dan cepat dalam menyerap materiajar yang diberikan oleh guru. 

"Tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games,  hybrid, socratic, inquiry dan informational merupakan bagian dari model multimedia interaktif dalam pembelajaran," ujarnya. 

Dia memaparkan, teknologi multimedia seperti virtual reality (realitas maya) bisa digunakan sebagai teknologi pembelajaran yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. 

Baca juga: Kompas Gramedia Dirikan Multimedia Nusantara Polytechnic, Nadiem: Harapan Baru Industri Kreatif

Hal itu dapat berupa suatu lingkungan yang sebenarnya kemudian ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang imajiner. 

"Jenis pembelajaran seperti ini merupakan cara penyampaian pembelajaran yang diminati dan digemari oleh peserta didik," bebernya. 

BERITA TERKAIT

Dia menegaskan, untuk mengembangkan dan menyiapkan materi pembelajaran berbasis multimedia tentu saja membutuhkan keterampilan. 

Selain itu juga membutuhkan dukungan aplikasi dan software untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut. 

Sejumlah tools yang dapat digunakan adalah Canva, Powtoon, Prezi, Sparkol VideoScribe, Lectora, Wondershare Filmora, Sigil dan masih banyak lagi dengan karakternya yang interaktif. 

Workshop yang dipandu oleh Andi Nugroho, S.Kom, M.Kom. ini semakin menarik karena disertai sesi tanya jawab interaktif.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas