Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Windows 11 Memiliki Satu Keunggulan yang Tak Dapat Disaingi MacOS

Microsoft telah meluncurkan software terbaru pada akhir 2021 lalu yakni Windows 11 yang merupakan penerus dari Windows sebelumnya.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Windows 11 Memiliki Satu Keunggulan yang Tak Dapat Disaingi MacOS
tangkap layar dari cnet.com
Windows 11 Memiliki Satu Keunggulan yang Tak Dapat Disaingi MacOS 

Laporan Wartawan Tribunnews, Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Microsoft telah meluncurkan software terbaru pada akhir 2021 lalu yakni Windows 11 yang merupakan penerus dari Windows sebelumnya.

Windows 11 kabarnya memiliki satu fitur multitasking baru yang tidak dapat disaingi oleh MacOS.




Mengutip dari situs Digital trends, Minggu (30/1/2022) berikut ini keunggulan fitur di windows 11 yang tidak dapat disaingi oleh MacOs.

Baca juga: Kini Game Android Sudah Bisa Dimainkan Lewat PC Windows

Grup Snap Windows 11

Microsoft Snap Groups. Dengannya, pengguna dapat secara otomatis memilih, dan beralih ke jendela yang terbuka hingga enam cara berbeda.

Caranya dengan mengarahkan kursor ke tombol maksimalkan, dan pengguna akan melihat berbagai opsi muncul.

BERITA TERKAIT

Dengan Windows 11, pengguna juga dapat menggunakan kombinasi keyboard untuk menangkap dan memindahkan jendela. Lalu ada Alt + Tab, untuk menampilkan pratinjau langsung dari jendela yang terbuka di latar belakang.

Semua membantu pengguna tetap fokus dan membuka jendela yang pengguna inginkan. Ini adalah sesuatu yang MacOS perjuangkan.

Baca juga: Tablet Windows 11 Lenovo, Spesifikasinya Cocok untuk Pelajar

Multitasking di MacOS

Di MacOS, multitasking jauh lebih berbelit-belit. Tidak ada mekanisme "gertakan" seperti yang ada di Windows. Untuk membuka Windows secara berdampingan atau dalam layar terpisah, hanya ada satu cara.

Pengguna harus terlebih dahulu mengarahkan mouse ke tombol maksimalkan hijau dan memilih untuk memasang ubin jendela ke sisi kiri atau sisi kanan layar. MacOS kemudian akan membiarkan mengisi sisi layar itu dengan salah satu aplikasi terbuka.

Baca juga: Jadi Windows of Entertainment, IndiHome TV Tawarkan Paket Langganan dengan Akses Disney+ Hotstar

Pada dasarnya, Mac memperlakukan jendela layar yang terbuka sebagai ruang terpisah. Bahkan iPadOS menawarkan lebih banyak cara untuk beralih ke layar terpisah. Jelas, multitasking di MacOS telah diabaikan selama bertahun-tahun.

Solusi lain untuk memecahkan masalah windowing MacOS termasuk Moom, Magnet, BetterSnapTool, dan BetterTouchTool. Sebagian besar aplikasi ini berbayar, tetapi sampai Apple menambahkan alat asli seperti Snap Layouts ke MacOS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas