Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Hanya Sekali Klik, Chrome OS Bisa Ubah Tampilan PC dan Mac Lawas Jadi Chromebook

Google mengumumkan peluncuran sistem operasi baru yang diklaim dapat mengubah PC atau Mac lama menjadi tampilan Chromebook.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in Hanya Sekali Klik, Chrome OS Bisa Ubah Tampilan PC dan Mac Lawas Jadi Chromebook
pixabay.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inovasi baru tengah gencar dilakukan oleh Google. Baru-baru ini, Google mengumumkan peluncuran sistem operasi baru yang diklaim dapat mengubah PC atau Mac lama menjadi tampilan Chromebook.

Kabar ini tentu disambut baik oleh sebagian pemilik komputer dengan perangkat lunak lawas. Nantinya sistem operasi baru milik Google ini, dapat diinstal secara gratis pada Chrome OS di mesin berbasis Windows ataupun Mac.

Baca juga: Logo Google Chrome Berubah, Warna Ikon Google Akan Tampil Beda di Setiap OS

Dilansir dari Engadget, inovasi ini bermula dari dibelinya perusahaan Neverware pada akhir 2020 lalu. Dari perusahaan ini, Google kemudian membuat produk yang dinamai CloudReady.

Produk ini kemudian dikembangkan hingga menjadi sistem perangkat lunak, Chrome OS Flex. Perangkat inilah yang kemudian diklaim dapat mengubah tampilan lawas dari Chrome OS lawas pada PC dan Mac.

Nantinya pengguna bisa mencoba Flex hanya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Google. Namun sebelumnya pengguna akan disarankan menginstal CloudReady.

Baca juga: Delapan Tahun Tak Ganti Logo, Begini Tampilan Baru dari Chrome

Dalam prosen penginstalan, Google untuk tidak merekomendasikan pengguna untuk menggunakan komputer terlebih saat melakukan booting dari drive tersebut serta menjalankan uji coba Chrome OS Flex.

BERITA TERKAIT

Jika nantinya pengguna merasa tidak cocok dengan tampilan tersebut, maka pengguna dengan mudah mengubahnya, mengeluarkan sistem operasi, memformatnya, hingga melanjutkan thumb pada drive.

Meski dapat merubah tampilan baru pada PC dan Mac lawas, namun baik Chrome OS dan Chrome OS Flex, kedua sama-sama menggunakan basis kode yang mirip. Sayangnya tidak semua pengguna dapat mengakses layanan tersebut, hal ini lantaran layanan Google flex masih dalam tahap penyempurnaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas