Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Masuki Puncak Omicron, Agar Tetap Aman Ini 6 Langkah Memesan Makanan Online

Grab turut melakukan upaya dalam memberikan edukasi kepada konsumen tentang risiko penularan Covid-19 dari berbelanja makanan online

zoom-in Masuki Puncak Omicron, Agar Tetap Aman Ini 6 Langkah Memesan Makanan Online
Grab
Ilustrasi pesan antar makanan online dengan aman lewat Grab. 

TRIBUNNEWS.COM - Menjelang dua tahun sejak awal mula penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, pembatasan kegiatan masyarakat masih terus berlanjut. Hal tersebut pun dilakukan untuk menghentikan laju penyebaran varian Omicron di Indonesia.

Mengutip keterangan resmi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, diperkirakan puncak gelombang Omicron akan terjadi pada bulan Februari hingga awal Maret 2022. Masyarakat kembali dianjurkan untuk menjalankan aktivitas dari rumah di samping pembatasan kegiatan sosial yang kembali diperketat.

Di tengah pembatasan kegiatan tersebut, Grab sebagai platform pesan antar terdepan untuk makanan (GrabFood) dan kebutuhan sehari-hari (GrabMart) hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam menikmati makanan favorit dan penyediaan kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi.

Selain menghadirkan layanan pesan antar andalan yang dibutuhkan masyarakat di tengah PPKM ini, Grab turut melakukan upaya dalam memberikan edukasi kepada konsumen tentang risiko penularan Covid-19 dari berbelanja makanan online dengan menggelar diskusi online di Instagram Live bersama ahli kesehatan dr. Adam Prabata serta Head of Marketing, GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe beberapa waktu lalu.

Bongkar mitos tentang risiko penularan Covid-19 dari belanja makanan online

Dalam diskusi yang juga menghadirkan Avan Putravan sebagai moderator ini, dr. Adam memberikan edukasi serta membongkar mitos yang beredar tentang risiko penularan Covid-19 dari belanja makanan dan kebutuhan sehari-hari secara online.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa penularan Covid-19 bisa dilakukan lewat makanan maupun minuman.

BERITA TERKAIT

“Jadi, jangan takut tertular Covid-19 saat mengonsumsi makanan atau minuman dari luar yang diantar lewat layanan pesan antar makanan online, karena belum ada penelitiannya,” ungkap dr. Adam.

Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe juga turut memberikan penjelasan tentang berbagai langkah yang telah dilakukan oleh GrabFood dan GrabMart untuk menjaga protokol kesehatan para mitra Grab demi menghadirkan pengantaran yang aman bagi para konsumen. 

“Sebagai layanan pengiriman makanan dan bahan makanan yang aman dan terpercaya untuk memenuhi keperluan belanja di masa PPKM ini, GrabFood dan GrabMart hadir dengan mitra pengemudi di kota-kota besar yang sudah 100% tervaksinasi hingga dosis kedua, dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk disiplin pemakaian masker serta pengecekan kesehatan secara berkala saat akan mulai beraktivitas,” ujar Hadi. 

Saat ini, Grab juga sedang menjalankan dan memastikan tercapainya vaksinasi ketiga atau booster  yang menyeluruh untuk para Mitra.

Belanja keperluan sehari-hari, termasuk keperluan makanan dan kesehatan pun jadi lebih mudah dengan pengiriman yang akan sampai dalam waktu satu jam selagi #KamuTetapDiRumah! Layanan dari GrabFood dan GrabMart ini akan benar-benar memberikan rasa percaya dan aman bagi konsumen maupun para Mitra Pengemudi.

Kemudian, keduanya menjelaskan bahwa ada hal-hal yang juga bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan saat menerima pesanan makanan ataupun barang-barang secara online, seperti enam hal di bawah ini.

1. Manfaatkan metode pembayaran cashless

Sebagai penyedia jasa layanan antar, Hadi Surya Koe menyebut bahwa Grab selalu melihat aspek-aspek apa yang bisa dilakukan untuk memperketat protokol kesehatan, termasuk dari sisi konsumen.

Karena itulah, saat melakukan pemesanan, kamu sebagai konsumen bisa memanfaatkan metode pembayaran cashless alias non-tunai yang dihadirkan oleh Grab, seperti kartu kredit, kartu debit, serta OVO.

Tidak hanya memudahkanmu dalam bertransaksi, Hadi juga  menjelaskan bahwa metode pembayaran ini akan membuatmu lebih aman dan nyaman karena mengurangi risiko penularan virus yang dapat disebabkan oleh transaksi tunai.

2. Batasi kontak fisik dengan mitra pengantaran

Selain memanfaatkan pembayaran cashless, kamu juga bisa membatasi kontak fisik dengan mitra pengantar lewat pilihan contactless delivery atau pengantaran tanpa kontak. Caranya pun mudah, cukup beri tahu mitra pengantar lewat GrabChat  tempat kamu ingin menaruh makanan atau kirimanmu, misalnya di depan pintu.

Menurut dr. Adam, pengantaran tanpa kontak ini adalah langkah penting yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan di tengah situasi pandemi, terutama bagi kamu yang sedang menjalankan isolasi mandiri.

Jika memang kondisi mengharuskan untuk melakukan kontak langsung dengan mitra pengantaran, jangan lupa untuk kenakan masker dan jaga jarak 1 meter, ya!

3. Selalu cuci tangan sebelum dan usai terima pesanan makanan

Sebagai konsumen, tentunya penting juga bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan, salah satunya dengan mencuci tangan dengan air mengalir sebelum dan seusai menerima barang pesanan.

Selain itu, dr. Adam pun menekankan bahwa mencuci tangan adalah cara terampuh untuk mencegah penularan saat menerima barang ataupun makanan yang dipesan online. “Sederhana, sebelum dan sesudah menyentuh barang, cuci tangan. Itu sudah relatif aman,” sebutnya.

Menurut dr. Adam, setiap varian virus bisa bertahan di permukaan barang dengan jangka waktu yang berbeda-beda tergantung jenis barangnya. Misalnya pada plastik, varian Omicron bisa bertahan dengan rekor tertinggi sekitar 190 jam.

“Namun, selama kita sudah mencuci tangan sebelum ataupun sesudah menyentuh barang, maka risiko penularan pun sangat kecil,” ujar dr. Adam.

4. Gunakan cairan disinfektan yang aman

Cairan disinfektan menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki sejak pandemi. Namun, kamu harus cermat dalam memilih jenis disinfektan serta berhati-hati dalam menggunakannya.

Menurut dr. Adam, jenis disinfektan tersebut hanya dapat digunakan untuk membersihkan wadah atau tempat menyimpan makanan serta peralatan makan dan tidak seharusnya disemprotkan langsung ke makanan.

Menyemprotkan disinfektan dengan kandungan alkohol secara sembarangan ke makanan justru dapat menimbulkan bahaya saat kamu mengonsumsinya.

“Pastikan makanan telah tertutup dengan rapat, agar disinfektan tidak memasuki makanan,” jelasnya.

Karena itu, pastikan tipe disinfektan yang kamu gunakan aman untuk menyemprot barang pesananmu. Terlebih untuk wadah makanan dan minuman, pilihlah jenis cairan disinfektan yang food grade.

5. Hangatkan makanan sebelum dikonsumsi

Merespon pertanyaan tentang apakah perlu makanan yang dipesan secara online perlu dipanaskan terlebih dahulu, dr. Adam menyebutkan bahwa akan lebih baik jika makanan yang dipesan dipanaskan atau dihangatkan terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum dikonsumsi.

Menurutnya, hal ini tidak hanya penting untuk mencegah penularan Covid, namun juga virus-virus lain yang bisa menyebabkan penyakit pencernaan, seperti diare.

6. Pilih gerai dengan pelayanan terpercaya

Ada begitu banyak ragam kuliner dan pilihan gerai yang bisa kamu temukan di GrabFood dan toko serta swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari di GrabMart. Selain memilih makanan ataupun produk yang sehat dan bergizi, kamu juga bisa memilih berbagai gerai dengan pelayanan terpercaya di Grab.

Dalam diskusi ini, Hadi Surya Koe, pun menjelaskan bahwa tidak sedikit para merchant yang sudah turut membantu memberikan input dalam penerapan protokol kesehatan oleh para mitra.

Dengan begitu, kamu akan merasa makin aman saat memesan lewat mitra merchant GrabFood dan GrabMart.

Dengan melakukan berbagai langkah di atas, disertai dengan langkah-langkah serta penerapan protokol kesehatan yang telah dijalankan oleh Grab, kamu bisa #PercayaAman pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari lewat GrabFood dan GrabMart selagi #KamuTetapDiRumah.

Tidak hanya menghadirkan pelayanan yang aman dan nyaman di masa PPKM ini, Grab turut memanjakan kamu dengan memberikan beragam diskon menarik di promo BagiHoki!

Lewat promo #BagiHoki, kamu bisa menghemat pengeluaran ketika berbelanja makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya dengan voucher diskon GrabFood sampai Rp100.000, juga promo potongan langsung GrabMart hingga 48%, gratis ongkir serta berbagai promo menarik lainnya hingga Maret 2022, jadi jangan sampai kelewatan!

Tunggu apa lagi? segera unduh aplikasi Grab dan nikmati pesan antar makanan dan barang online yang aman lewat GrabFood dan GrabMart dengan promo-promo yang berlimpah!

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas