Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Gak Cuma Jaringan Super Cepat, 5 Hal Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Punya Smartphone 5G

Dengan memiliki smartphone berkonektivitas 5G, kamu bisa mendapatkan berbagai hal-hal baru yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya

BizzInsight
zoom-in Gak Cuma Jaringan Super Cepat, 5 Hal Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Punya Smartphone 5G
ISTIMEWA
Ilustrasi menggunakan Smartphone 5G. 

TRIBUNNEWS.COM – Keberadaan teknologi 5G masih terus menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Hal ini tak mengherankan, 5G memang sebuah terobosan baru yang tak hanya menawarkan ‘peningkatan’ semata, tetapi membawa sebuah era baru pada perkembangan teknologi dan transformasi digital.

Tren smartphone pun tak luput dari pengaruh teknologi 5G. Apalagi kini di pasaran, berbagai jenis smartphone dengan konetivitas 5G mudah ditemukan. Tak hanya itu, ketika membahas teknologi 5G pun, umumnya orang-orang akan membicarakan kecepatan ultra tinggi dan latensi yang rendah dari jaringan ini.

Pasalnya, jaringan 5G menawarkan internet berkecepatan tinggi, yang bahkan 10 kali lebih cepat bila dibandingkan pendahulunya, jaringan 4G. Ini tentu saja menjadi nilai plus tersendiri di mata masyarakat.

Tanpa kita sadari pun, ternyata kelebihan yang dihadirkan oleh konektivitas 5G nggak cuma sebatas jaringan super cepat. Dengan memiliki smartphone berkonektivitas 5G, kamu bisa mendapatkan berbagai hal-hal baru yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya, dan bisa saja mengubah hidupmu sepenuhnya.

Ini dia lima kelebihan yang akan kamu rasakan jika memiliki smartphone dengan konektivitas 5G.

1. Nikmati hiburan dengan resolusi terbaik

Industri hiburan adalah salah satu sektor yang sangat terdorong perkembangannya dengan teknologi 5G. Bagi para penikmat konten pun, kamu akan mendapatkan pengalaman baru saat menikmati beragam jenis hiburan lewat smartphone 5G.

BERITA TERKAIT

Kemampuan jaringan 5G akan mengizinkan kamu untuk menikmati pengalaman streaming konten seperti film ataupun pertandingan olahraga dengan resolusi tinggi hingga 4K dan 8K dengan lancar tanpa buffering atau lag.

Terlebih lagi, dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah, euforia menonton konser virtual bakal lebih terasa nyata dengan resolusi tinggi yang dihadirkan jaringan 5G.

2. Konsep smart living dengan teknologi IoT

Di tengah kesibukan sehari-hari yang padat, mungkin ada kalanya kamu ingin melakukan berbagai aktivitas secara praktis. Nah, jaringan 5G turut menghadirkan teknologi Internet of Things atau IoT yang memungkinkan hal tersebut!

Melansir Wired UK, IoT didefinisikan sebagai sebuah jenis teknologi yang dapat menjaring seluruh hal ke internet lewat sistem yang terotomasi, memungkinkan kamu untuk melakukan suatu pekerjaan hanya lewat informasi yang telah dianalisa lewat jaringan tersebut.

Singkatnya, kamu bisa menjalankan konsep smart living dengan mengontrol semua hal hanya dengan satu klik saja lewat IoT. Mulai dari mematikan listrik saat tidak digunakan hingga mengecek keamanan rumah ketika bepergian, semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu perintah lewat smartphone 5G.

3. Membawa interaksi lintas batas ke level berbeda

Pernah dengar soal Metaverse? Nah, jaringan 5G juga memungkinkan kamu untuk menjelajah teknologi Metaverse serta melakukan interaksi lintas batas pada level yang berbeda.

Dengan memanfaatkan teknologi 5G beserta Augmented Reality (AR), kamu bisa berkomunikasi dengan siapapun tanpa terhalang oleh jarak. Memang, komunikasi online sudah bisa dilakukan secara mudah berkat hadirnya jaringan 4G, namun jaringan 5G akan membuat interaksi online jadi terasa sangat berbeda dan terasa lebih nyata.

Bayangkan, bakal betapa serunya bisa ketemu teman yang tinggal di luar negeri ataupun keluarga yang sudah lama tidak ditemui lewat teknologi ini. Bahkan, bukan nggak mungkin melihat artis favoritmu di konser dengan cara yang tak terbayangkan sebelumnya lewat teknologi 5G.

4. Belanja online serasa belanja offline

Kegiatan belanja online makin meningkat sejak masa pandemi. Tapi pernah nggak merasa kangen melihat barang yang kamu beli secara langsung di tokonya? Jika iya, teknologi 5G bisa mewujudkan mimpi tersebut!

Lewat konektivitas 5G, nantinya kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja online seperti belanja offline. Hal ini bisa terjadi dengan memanfaatkan Extended Reality (XR), yang mencakup teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality lewat jaringan 5G.

Nggak hanya melihat-lihat barang di toko-toko online, pemanfaatan jaringan 5G juga akan memudahkan kamu saat memilih barang-barang yang ada di pameran virtual. Nggak heran, keberadaan  jaringan generasi kelima ini disebut bisa mendorong perkembangan UMKM, lho!

5. Memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus

 Yang tak kalah penting, smartphone berkonektivitas 5G juga bisa jadi solusi buat kamu yang sering kali mengalami permasalahan saat koneksi internetmu terhubung ke banyak perangkat sekaligus.

Teknologi 5G dirancang untuk memberikan lebih banyak ruang dalam jaringan untuk digunakan. Dengan kapasitas yang lebih besar tersebut, kamu pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi saat menggunakan smartphone 5G.

Smartphone dengan teknologi 5G menghadirkan performa yang konsisten meski terhubung ke banyak perangkat secara bersamaan. Lantas, nggak perlu lagi khawatir dengan internet yang lemot atau conference call yang putus-putus ketika kamu sedang WFH atau melakukan aktivitas penting lainnya.

Terdengar seru banget kan? Semua berbagai pengalam seru yang tak terbayangkan di atas bisa kamu wujudkan lewat OPPO Reno7 Series 5G, seri smartphone terbaru dari brand papan OPPO yang telah dilengkapi dengan konektivitas 5G.

Selalu menghadirkan teknologi terbaru dan terdepan, dua smartphone dari OPPO Reno7 Series 5G, yaitu OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G telah dilengkapi dengan prosesor yang kompatibel dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia, terutama pada dukungan band N1, N3, dan N40.

Tampilan OPPO Reno7 5G.
Tampilan OPPO Reno7 5G. (ISTIMEWA)

Pada OPPO Reno7 5G, terdapat prosesor 5G dengan Mediatek Dimensity 900 5G, sementara OPPO Reno7 Z 5G memiliki prosesor terbaru Snapdragon® 695 5G.

Untuk mendukung pengalaman bermain game, multimedia, dan kenyamanan streaming, kedua smartphone 5G ini juga dibekali dengan layar besar yang akan menampilkan content dalam kualitas terbaiknya.

OPPO Reno7 5G disematkan dengan layar besar 6.4 inchi AMOLED. Sedangkan OPPO Reno7 Z 5G menghadirkan layar 6.4 inchi AMOLED FHD+ yang juga sudah dilengkapi sertifikasi Netflix HD & Amazon HD!

Layar AMOLED OPPO Reno7 Series 5G akan meningkatkan pengalaman multimedia dan streaming.
Layar AMOLED OPPO Reno7 Series 5G akan meningkatkan pengalaman multimedia dan streaming. (ISTIMEWA)

Kamu juga tak perlu khawatir menyimpan banyak video, foto hingga aplikasi sebab kedua smartphone dari OPPO Reno7 Series 5G ini memiliki kapasitas penyimpanan file yang besar.

OPPO Reno7 5G turut didukung RAM 8GB dengan teknologi ekspansi mulai dari 2GB, 3GB hingga terbesar 5GB dan penyimpanan internal 256GB.

Sedangkan OPPO Reno7 Z 5G membawa RAM 8GB dengan opsi ekspansi mulai dari 2GB, 3GB hingga 5GB dan juga penyimpanan Internal 128GB.

Tentunya, dua smartphone teranyar ini juga akan menunjang aktivitasmu yang padat. Untuk daya tahan penggunaan seharian, OPPO Reno7 5G dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC, yang membuat perangkat dapat diisi daya hingga 100% dalam waktu sekitar 31 menit saja!

Sementara itu OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOC sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.

Bagi kamu yang hobi foto dan membuat konten video pendek di medial sosial juga tak perlu khawatir, Oppo Reno7 Series 5G menghadirkan fitur portrait canggih yang dapat berjalan sama baiknya pada kamera selfie dan kamera utama serta pada fitur foto maupun perekaman video untuk mendukung kreativitasmu.

Yang lebih menarik, OPPO Reno7 Series 5G juga memiliki fitur yang dapat meniru hasil potret yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR kelas atas dengan lensa bukaan diafragma besar.

Lewat OPPO Reno7 5G, kamu pun bisa bebas mengatur kedalaman bidang dan ruang tajam melalui kemampuannya meniru sifat optik kamera DSLR.

OPPO Reno7 Series 5G menghadirkan desain matte & glossy yang ramping dan elegan, membuatnya nyaman untuk digenggam.

Tampilan OPPO Reno7 Z 5G.
Tampilan OPPO Reno7 Z 5G. (ISTIMEWA)

Khusus untuk OPPO Reno7 5G, terdapat lapisan OPPO Glow yang menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis. OPPO Reno7 Z 5G pun dibekali dengan Ultra-Slim Retro Design yang tak kalah cantik!

Sudah siap mendapatkan pengalaman seru lewat konektivitas 5G bersama OPPO Reno7 Series 5G? OPPO Reno7 5G bisa kamu dapatkan dengan harga Rp7,499 juta, sedangkan OPPO Reno7 Z 5G dipasarkan dengan banderol resmi Rp5,999 juta.

Dengan melakukan pembelian OPPO Reno7 Series 5G, kamu pun akan mendapatkan keuntungan paket bundling Telkomsel yang memberikan pengalaman konektivitas 5G terbaik berupa paket data hingga 192GB dengan tambahan 10GB eksklusif pada jaringan 5G.

Miliki segera OPPO Reno7 Series 5G dan rasakan dunia digital baru yang sesungguhnya!

 

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Firda Fitri Yanda

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas