Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Hadirnya Jaringan 5G di Bandara Soekarno Hatta Disebut Makin Manjakan Para Traveler

Jaringan Telkomsel 5G tersebut saat ini terdapat di sejumlah titik di Terminal 3 dan secara bertahap

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Hadirnya Jaringan 5G di Bandara Soekarno Hatta Disebut Makin Manjakan Para Traveler
dok Angkasa Pura II
PT Angkasa Pura II menyebut bahwa Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi paling awal di Indonesia yang dapat menyediakan akses jaringan Telkomsel 5G. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II menyebut bahwa Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi paling awal di Indonesia yang dapat menyediakan akses jaringan Telkomsel 5G.

Jaringan Telkomsel 5G tersebut saat ini terdapat di sejumlah titik di Terminal 3 dan secara bertahap jangkauannya akan diperluas.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, hal ini sejalan dengan transformasi digital yang dijalankan AP II sejak 2016, di mana bandara-bandara perseroan harus secara berkelanjutan mengembangkan infrastruktur digital dalam memberikan pelayanan.

Baca juga: Sudah Terkoneksi Jaringan 5G, AP II Jadikan Bandara Soetta sebagai Digital Aeroplex Pertama di RI

“Bandara Soekarno-Hatta khususnya di Terminal 3 menjadi lokasi paling awal di Indonesia yang bisa menyediakan akses 5G, dan tentunya ini memberikan digital experience terbaik bagi traveler, pengunjung bandara maupun para staf di bandara," ungkap Awaluddin, Minggu (20/3/2022).

Dirinya melanjutkan, adapun pada tahap awal AP II dan Telkomsel mengembangkan kolaborasi berbasis teknologi 5G yang antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Daftar Harga HP Realme Bulan Maret 2022: Realme narzo 30A hingga Realme X50 Pro 5G

Muhammad Awaluddin mengatakan keberadaan 5G dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para traveler ketika berada di Bandara Soekarno-Hatta.

BERITA TERKAIT

“Teknologi 5G membuat koneksi data lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan 4G, sehingga memberikan pengalaman baru ketika kita ingin mengunduh (download) sesuatu atau menonton streaming video," papar Awaluddin.

"Di samping itu teknologi 5G juga memungkinkan untuk penggunaan Augmented Reality dan Virtual Reality dengan lancar dan baik,” sambungnya.

Keberadaan jaringan Telkomsel 5G di Terminal 3 juga mendapat respons positif dari traveler maupun staf bandara.

Tokoh telekomunikasi Indonesia yang juga pendiri IndoTelko Forum, Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Indonesia Digital Society Forum (IDSF), Doni Ismanto Darwin mengatakan kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sangat membantu aktivitas traveler.

Baginya, akses 5G sangat membantu menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu keberangkatan penerbangan.

Doni Ismanto Darwin soal 5G di bandara
Tokoh telekomunikasi Indonesia yang juga pendiri IndoTelko Forum, Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Indonesia Digital Society Forum (IDSF), Doni Ismanto Darwin mengatakan kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sangat membantu aktivitas traveler.

“Sangat membantu bagi orang seperti saya, yang biasanya memanfaatkan waktu menunggu keberangkatan sembari menyelesaikan pekerjaan," jelas Doni.

"Kehadiran 5G di Soetta benar-benar menjadi simbolisasi transformasi digital oleh Angkasa Pura II,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas