Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Dengan Kamera Smartphone Berteknologi AI, Kamu Bisa Dapatkan 4 Keunggulan Ini!

Dengan keunggulan dari teknologi AI jugalah, pekerjaan fotografi maupun videografi akan jadi lebih mudah dan kamu bisa melakukan hal-hal keren

BizzInsight
zoom-in Dengan Kamera Smartphone Berteknologi AI, Kamu Bisa Dapatkan 4 Keunggulan Ini!
ISTIMEWA
Ilustrasi smartphone dengan kamera berteknologi AI. 

TRIBUNNEWS.COM - Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi yang makin canggih makin kita rasakan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah lewat kemunculan Artificial Intelligence (AI).

Teknologi AI adalah kecerdasan buatan dengan fungsi kognitif yang menyerupai kemampuan otak manusia, seperti berpikir, mempelajari, hingga menyelesaikan masalah.

Kini, teknologi AI bahkan juga telah disematkan dalam kamera pada jenis smartphone teranyar.

Jika dulu sulit untuk mengambil foto atau video dengan hasil maksimal lewat kamera smartphone, sekarang ada berbagai kemudahan dan keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kamera smartphone yang sudah dibekali dengan teknologi AI.

Dengan keunggulan dari teknologi AI jugalah, pekerjaan fotografi maupun videografi akan jadi lebih mudah dan kamu bisa melakukan hal-hal keren seperti di bawah ini.

Pengaturan untuk kualitas maksimal

Saat kamu menggunakan smartphone yang kameranya sudah disematkan dengan teknologi AI, kamu enggak perlu lagi pusing  mengatur kamera secara manual.

BERITA TERKAIT

Teknologi AI dapat otomatis memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar, seperti mengubah pengaturan speed, exposure, saturasi, kedalaman warna, dynamic range, white balance, hingga kontras gambar. Hal ini terutama bisa memudahkan kamu yang kurang familiar dengan istilah-istilah fotografi.

Dengan pengaturan otomatis tersebut, kamera smartphone berteknologi AI juga dapat memaksimalkan setting saat pengambilan gambar sehingga foto yang dihasilkan pun maksimal kualitasnya.

Deteksi objek secara otomatis

Salah satu hal yang membuat hasil fotomu terlihat kurang maksimal adalah objek yang blur atau buram.  Nah, kamera smartphone berteknologi AI bakal membantu kamu agar engga lagi mengalami hal tersebut!

Interface atau antarmuka pada kamera smartphone berteknologi AI berkemampuan mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis, baik itu objek pemandangan yang diambil secara landscape ataupun foto diri dengan mode portrait yang detail dan lebih tajam.

Ilustrasi mengambil foto dengan smartphone berteknologi AI.
Ilustrasi mengambil foto dengan smartphone berteknologi AI. (ISTIMEWA)

Dengan fungsi deteksi objek secara otomatis inilah, kamu enggak perlu lagi berurusan dengan hasil foto yang ngeblur. Terlebih lagi, beberapa jenis smartphone saat ini juga telah dibekali dengan mode portrait AI, yang mampu meningkatkan kualitas foto bokeh dan menonjolkan objek fotomu.

Videografi kelas profesional tanpa ribet

Selain hasil foto yang maksimal, fitur-fitur canggih pada kamera smartphone berteknologi AI juga megizinkan kamu untuk berkreasi menghasilkan video layaknya videografer kelas profesional.

Kamera smartphone berteknologi AI umumnya memiliki kemampuan untuk meniru hasil foto ataupun video berkualitas tinggi dengan kejernihan yang dulunya cuma bisa didapatkan saat mengambil foto atau merekam video dengan menggunakan kamera DSLR kelas atas.

Sehingga, kamu pun bisa merekam gambar secara lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video agar hasil rekamanmu tidak lagi terlalu gelap ataupun terang. Dengan begitu, berkreasi membuat content untuk media sosial juga bakal makin seru!

Hasil foto selfie yang optimal

Bagi pecinta selfie, kamera smartphone berteknologi AI juga akan membuat kegiatan mengambil fotomu lebih optimal, lho!

Pasalnya, teknologi AI pada kamera smartphone turut menghadirkan beragam keunggulan untuk foto selfie seperti teknologi facial recognition, fitur portrait, efek beauty, hingga  retouch, yang bisa disesuaikan dengan kontur muka pengguna.

Dengan begitu, kamu nggak hanya bebas berkreasi ataupun mempercantik riasan lewat foto selfie, namun juga dapat menghasilkan foto beresolusi tinggi yang nggak kalah saat diambil dengan kamera utama.

Berbagai keunggulan dari kamera berteknologi AI tersebut bisa kamu temukan lewat OPPO Reno7 Series 5G, seri Smartphone terbaru dari OPPO.

Sebagai The Portrait Expert, kamera berteknologi AI pada OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G menghadirkan keunggulan fitur portrait yang dapat berjalan sama baiknya pada kamera selfie dan kamera utama serta pada fitur foto maupun perekaman video.

Hasil Tangkapan OPPO Reno7 Series 5G.
Hasil Tangkapan OPPO Reno7 Series 5G. (ISTIMEWA)

Kedua smartphone dari OPPO Reno7 Series 5G tersebut juga memiliki kemampuan meniru hasil potret yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR kelas atas dengan lensa bukaan diafragma besar. Khusus OPPO Reno7 5G, kamu pun bebas mengatur kedalaman bidang dan ruang tajam melalui kemampuannya meniru sifat optik kamera DSLR.

Terlebih lagi, portrait Mode pada OPPO Reno7 5G dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16.

Kedua smartphone dari OPPO Reno7 Series 5G juga dilengkapi dengan fitur Bokeh Flare Portrait. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh layaknya menggunakan kamera profesional hanya dengan menggunakan smartphone!

Saat berada di tempat yang kurang cahaya ataupun tempat dengan cahaya berlatar kuat, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Selfie HDR untuk menghasilkan foto selfie yang jernih dan optimal.

Selain itu, ada juga fitur Portrait Retouching yang dapat dengan tepat mengenali titik spesifik pada wajah dan melakukan penghapusan noda pada wajah seperti bekas jerawat. Secara cerdas, fitur ini memperbaiki warna kulit atau riasan, sambil menjaga tanda kecantikan lain yang tetap diinginkan.

Lalu, lewat fitur AI Color Portrait, teknologi AI pada kamera OPPO Reno7 Series 5G secara otomatis dapat menerapkan filter hitam putih pada latar belakang namun tetap mempertahankan warna asli pada subjek potret.

Untuk kamu yang menginginkan hasil videografi kelas profesional, fitur AI Highlight Video pada OPPO Reno7 Series 5G dapat membantu untuk menangkap gambar lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video tanpa mengurangi detail pada background.  Dengan begitu, kamu nggak akan lagi menjumpai hasil rekaman yang terlalu terang ataupun terlalu gelap.

Khusus untuk OPPO Reno7 5G, terdapat kemampuan Focus Tracking yang ditingkatkan pada perekaman video. Hanya dengan mengetuk dua kali pada pada wajah, kamera dapat otomatis mengidentifikasi subjek yang dipilih dan secara otomatis melacaknya secara konsisten saat merekam video. Terdengar mudah kan?

OPPO Reno7 5G.
OPPO Reno7 5G. (ISTIMEWA)

Selain berbagai keunggulan dalam kamera canggih berteknologi AI-nya, OPPO Reno7 5G juga dilengkapi dengan material penampang belakang yang dibuat dengan proses Laser Direct Imaging (LDI) serta lapisan OPPO Glow yang menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis namun diperkuat sehingga tahan terhadap goresan serta bebas noda dan sidik jari.

OPPO Reno7 5G didukung dengan RAM 8GB yang dilengkapi teknologi ekspansi hingga 5GB dan penyimpanan internal 256GB  yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD hingga 1TB. Smartphone ini memiliki baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC dengan daya isi hingga 100% dalam waktu sekitar 31 menit.

Untuk meningkatkan pengalaman bermain game, multimedia dan sosial media yang lebih lancar, OPPO Reno7 5G turut disematkan dengan layar besar 6.4 inchi AMOLED dengan refresh rate 90hz.

Sedangkan OPPO Reno7 Z 5G mengusung Ultra-Slim Retro Design dengan dua pilihan warna, Rainbow Spectrum dan Cosmic Black. Tak hanya itu, hadir juga , fitur breathing light yang tersembunyi di bawah lensa kamera belakang OPPO Reno7 Z 5G.

Fitur yang ada saat notifikasi masuk dan mengisis daya ini memberikan efek visual menarik sembari menikmati aneka gradasi warna yang muncul pada bagian belakang smartphone ketika terpapar cahaya.

Dua pilihan warna OPPO Reno7 Z 5G dengan desain Dual Orbit Light.
Dua pilihan warna OPPO Reno7 Z 5G dengan desain Dual Orbit Light. (ISTIMEWA)

OPPO Reno7 Z 5G juga membawa RAM 8GB dengan opsi ekspansi hingga 5GB dan juga penyimpanan Internal 128GB  yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB. OPPO Reno7 Z 5G pun dilengkap dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOC, sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.

Layar 6.4 inchi AMOLED FHD+ yang dihadirkan OPPO Reno7 Z 5G akan memberikan kenyamanan menonton konten streaming, yang juga telah dilengkapi sertifikasi Netflix HD & Amazon HD Streaming.

Tak ketinggalan, keberadaan prosesor 5G dengan Mediatek Dimensity 900 5G pada OPPO Reno7 5G dan prosesor terbaru Snapdragon® 695 5G pada OPPO Reno7 Z 5G menjadikan kedua smartphone dari OPPO Reno7 Series 5G ini kompatibel dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia terutama pada dukungan band N1, N3 dan N40.

OPPO Reno7 5G hadir dengan harga Rp7,499 juta, sedangkan OPPO Reno7 Z 5G dibanderol seharga Rp5,999 juta.

Dengan melakukan pembelian OPPO Reno7 Series 5G, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman konektivitas 5G yang optimal lewat paket bundling Telkomsel yang menghadirkan paket data hingga 192GB dengan tambahan 10GB eksklusif pada jaringan 5G.

Tunggu apa lagi? Saatnya rasakan berbagai keunggulan dalam mengambil foto dan video dengan kamera smartphone berteknologi AI bersama OPPO Reno7 Series 5G!

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Firda Fitri Yanda

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas