Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

DNES 2022 Sukses Digelar, Ini Harapan Pelaku Industri Teknologi Informatika pada Pemerintah

Airlangga menekankan pentingnya transformasi digital, penguatan ekosistem digital di Tanah Air dan pemerataan digitalisasi ke seluruh Indonesia

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in DNES 2022 Sukses Digelar, Ini Harapan Pelaku Industri Teknologi Informatika pada Pemerintah
Istimewa
Digitalisasi Nusantara Expo & Summit (DNES) 2022 yang berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah tanggal 29 hingga 31 Maret 2022 telah sukses digelar 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Digitalisasi Nusantara Expo & Summit (DNES) 2022 yang berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah tanggal 29 hingga 31 Maret 2022 telah sukses digelar.

Acara yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo ini diikuti oleh 500 wilayah di tanah air dan terselenggara berkat kerjasama antara KADIN Indonesia bersama Yayasan Internet Indonesia (GIIF) dan InterBio.

Sebanyak 42 booth perusahaan berbasis digital mengikuti expo DNES 2022.

Selain itu juga digelar berbagai forum mulai dari Pengembangan Ekosistem Smart City yang menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidang industri digitalisasi.

Baca juga: Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 Digelar di JIExpo hingga 10 April 2022

Chief Enterprise & Government Service InterBio, Fega M. Syakrani berharap melalui expo ini pemerintah dan jajarannya memberikan perlakuan yang adil dan berimbang saat merumuskan peraturan untuk pelaku industri teknologi informatika.

Terutama dapat melindungi kepentingan dari seluruh stakeholder khususnya di industri teknologi biometrik.

BERITA TERKAIT

Fega yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Industri Teknologi Biometrik menyatakan siap mendukung penyelesaian regulasi-regulasi yang sedang digodok oleh parlemen dan eksekutif seperti mengenai Perlindungan Data Pribadi (PDP).

“Asosiasi Industri Teknologi Biometrik siap bekerjasama dengan KADIN dalam membantu pemerintah terkait regulasi baik regulasi PDP maupun regulasi Industri Biometrik," kata Fega dalam keterangan yang diterima, Minggu (3/4/2022).

Sementara itu CEO Interbio, Irawan Mulyadi menambahkan bahwa verifikasi identitas untuk proses Electronic Know Your Customer (e-KYC) dapat menjadi akselerator bagi pertumbuhan ekonomi digital yang dapat diimplementasikan di berbagai sektor seperti UMKM, Perbankan, Keuangan, Daerah, Penyaluran bantuan social dan lainnya.

InterBio yang merupakan perusahaan penyedia teknologi biometrik dan manajemen identitas saat ini telah masuk ke pasar dunia.

Bersama grup TOTM Technology telah memiliki kantor di Indonesia, India, Singapura, US, UK, Rusia, Switzerland dan Portugal dengan target pasar di Asia, Timur Tengah, Amerika dan Eropa.

"InterBio di Indonesia memiliki keahlian dan pengalaman serta portfolio yang dibutuhkan oleh pasar global, TOTM Technology mengkonsolidasikan dan menawarkannya kepada dunia," kata Public Relation TOTM Technology Athika Batangtaris.

Bersama dengan PT. Cakrawala Data Integrasi (CDI) InterBio telah mengembangkan platform verifikasi identitas penduduk berbasis demografik dan biometrik.

Event DNES 2022 ini juga diapresiasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto.

Dalam acara penutupan Airlangga menekankan pentingnya transformasi digital dan penguatan ekosistem digital di Tanah Air serta berharap pemerataan digitalisasi ke seluruh pelosok Indonesia segera terakselerasi. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas