Tribun Techno

Apple Pindahkan Produksi iPhone 13 ke India

Sebelumya, Apple sudah memindahkan produksi Airpods dan juga Macbook milikinya dari China ke Vietnam

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Apple Pindahkan Produksi iPhone 13 ke India
engadget
Apple Pindahkan Produksi iPhone 13 ke India 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Apple dikabarkan telah memindahkan produksi iPhone 13 mereka ke India dari yang sebelumnya dilakukan di China.

Perakitan iPhone 13 ini dirakit di pabrik lokal yang telah memiliki keterikatan kontrak dengan Taiwan Foxconn yang juga bekerjasama dengan Apple.

Menurut laporan dari Reuters yang dikutip pada Selasa (12/4/2022), alasan Apple memindahkan produksi iPhone 13 ke India karena untuk mengurangi ketergantungan terhadap rantai pasokan di China.

Baca juga: Siap Lawan Apple, Oppo dan Samsung Akan Berkolaborasi Membuat Chipset

Apple memang telah mengalihkan beberapa area produksi iPhone dari China ke negara lain seperti India, Vietnam dan Meksiko.

Selain itu, Apple juga berencana untuk memindahkan produksi iPad miliknya ke India dari China.

Perpindahan produksi iPhone dari China ini bukanlah yang pertama. Sebelumya, Apple sudah memindahkan produksi Airpods dan juga Macbook milikinya dari China ke Vietnam.

Dalam laporan Nikkei, Foxconn yang merupakan mitra pemasok utama Apple telah menginvestasikan 270 juta dolar AS untuk membangun pabrik baru di Vietnam pada 2021 lalu meningkatkan kapasitas produksi.

Baca juga: Gagal Hadirkan Pembayaran Alternatif di App Store, Apple Terancam Denda 50 Juta Euro

Wacana perpindahan pusat produksi Apple di China telah berkembang sejak 2021 lalu. Perpindahan produksi ini juga disebut akibat dampak dari ketegangan hubungan antara China dan Amerika Serikat.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas