Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Nvidia Didenda 5,5 Juta Dolar AS Gara-gara Tak Terbuka Soal Cryptomining

Cryptomining adalah imbalan yang didapat investor setelah melakukan transaksi kripto pada buku besar yang didistribusikan perusahaan.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Nvidia Didenda 5,5 Juta Dolar AS Gara-gara Tak Terbuka Soal Cryptomining
IST
Kantor pusat Nvidia di Santa Clara, California, AS. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Nvidia Corporation, perusahaan teknologi AS yang kini aktif berekspansi ke bisnis game cryptocurrency dikabarkan tengah terjerat kasus di Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) lantaran ketidakterbukaan mereka kepada publik terkait pendapatan yang diperoleh dari cryptomining.

Cryptomining adalah imbalan yang didapat investor setelah melakukan transaksi kripto pada buku besar yang didistribusikan perusahaan.

Masalah cryptomining ini mulai diketahui SEC, setelah Nvidia gagal mengungkapkan ke publik bagaimana penambangan cryptocurrency dapat mendorong pertumbuhan keuangannya pada kuartal fiskal kedua dan ketiga tahun 2018.

Tak hanya itu dalam tuntutan yang diajukan SEC, Nvidia juga diketahui telah menutup informasi pada investor terkait siapa saja pemilik saham perusahaan pada kartu permainan yang ia jual di pasar crypto.

Baca juga: Telegram Segera Rilis Fitur Baru, Bebaskan Pengguna Kirim Crypto Tanpa Biaya Transaksi

Curiga adanya penyesatan informasi kepada para investor, membuat SEC khawatir jika Nvidia selama ini melakukan investasi bodong yang dapat membawa investor ke dalam ketidakpastian dan investasi buruk.

“Kegagalan pengungkapan Nvidia membuat investor kehilangan informasi penting untuk mengevaluasi bisnis perusahaan di pasar utama, termasuk yang mengejar peluang yang melibatkan teknologi baru, harus memastikan bahwa pengungkapan mereka tepat waktu, lengkap, dan akurat.” Ujar Kristina Littman, Kepala Aset Crypto dan Unit Cyber Divisi Penegakan SEC.

Baca juga: Crypto Twitter Bereaksi saat Pemerintah Rusia Meninjau Ulang RUU Soal Kripto

BERITA TERKAIT

Hal inilah yang membuat SEC memutuskan untuk menjatuhkan hukuman denda senilai 5,5 Juta dolar AS atau Rp 79 miliar (Dengan satuan USD Rp 14,498).

Setelah Nvidia terbukti melanggar Pasal 17(a)(2) dan (3) dari Securities Act of 1933, dan ketentuan pengungkapan Securities Exchange Act of 1934, terkait kegagal dalam mempertahankan kontrol dan prosedur pengungkapan yang memadai.

Meski hingga sejauh ini Nvidia masih bungkam terkait kasus yang menimpa perusahaannya.

Namun menurut laporan CNBC Internasional, pihak perusahaan setuju untuk membayar denda perdata meski enggan mengakui ataupun menyangkal temuan dari SEC.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas