Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Alif Mahardika, Satu-Satunya Developer Software Indonesia Diundang ke Apple WWDC di Amerika

Alif Mahardika (22) satu-satunya wakil pengembang perangkat lunak (developer software) asal Indonesia yang diundang di Apple Worldwide Developer Confe

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Alif Mahardika, Satu-Satunya Developer Software Indonesia Diundang ke Apple WWDC di Amerika
Dok KJRI San Francisco
Warga Indonesia (WNI) bernama Alif Mahardika (22) menjadi satu-satunya wakil pengembang perangkat lunak (developer software) asal Indonesia yang diundang menghadiri Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) tahun 2022 yang telah dilaksanakan tanggal 6 - 10 Juni 2022 di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –Warga Indonesia (WNI) bernama Alif Mahardika (22) menjadi satu-satunya wakil pengembang perangkat lunak (developer software) asal Indonesia yang diundang menghadiri Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) tahun 2022.

Ia menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia yang terpilih sebagai peserta Apple WWDC yang telah dilaksanakan tanggal 6 - 10 Juni 2022 di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Apple Gunakan Panel OLED di MacBook Air dan iPad Pro Mulai 2024




KJRI Francisco menyatakan, Alif telah diundang KJRI San Francisco untuk melakukan pertemuan dengan Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi bersama seluruh staf KJRI.

“Pertemuan dilakukan dalam rangka berbagi pengetahuan, pengalaman dan update mengenai teknologi baru yang dikembangkan oleh Apple Inc,” tuli KJRI dalam pernyataannya pada Jumat (17/6/2022).

Alif terpilih karena aplikasi PetaNetra yang dikembangkan bersama timnya.

PetaNetra merupakan aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh anak bangsa yang berguna untuk membantu navigasi bagi para penyandang tuna netra saat melakukan perjalanan maupun menggunakan transportasi publik.

BERITA TERKAIT

Alif mengatakan, Apple Inc memiliki kerangka ARKit. Salah satu teknologi terbaru yang akan dirilis pada ARKit 6 adalah AR Geographic Location.

“Untuk meningkatkan kapasitas aplikasi PetaNetra, ini merupakan salah satu teknologi yang kami incar mengingat kami menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Selain AR, saya juga tertarik pada Apple Platform Security dan WebView yang baru dikembangkan," jelas Alif.

Alif berujar, selama mengikuti serangkaian kegiatan Apple WWDC, ia juga berkesempatan untuk bereksplorasi dan secara langsung menjalani berbagai pelatihan untuk pengembangan kapasitas dari para pakar.

Ia juga menerima penjelasan perkembangan teknologi terbaru Apple pada sesi 1-on-1 labs saat pelatihan.

Alif mengikuti presentasi di sesi Keynote yang disampaikan oleh Tim Cook, CEO Apple Inc.

Ia juga memanfaatkan kesempatan langka itu untuk berdiskusi secara langsung dengan para petinggi Apple Inc lainnya seperti Susan Prescott, Vice President Worldwide Developer Relations and Enterprise and Education Marketing dan Greg Joswiak, Senior Vice President Worldwide Marketing.

Diketahui, Apple WWDC adalah konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Apple Inc untuk menghubungkan para pengembang dari seluruh dunia dengan para insinyur dan perancang produk Apple.

Kegiatan tersebut secara umum dibagi dalam tiga sesi yaitu Keynote, Platform State of the Union, dan 1-on-1 Labs.

Semuanya dimaksudkan untuk memberikan peningkatan kapasitas sekaligus memperkenalkan teknologi terbaru, fitur perangkat lunak (software) serta produk perangkat keras (hardware) yang dikembangkan oleh Apple Inc.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas