Tribun Techno

Migrasi TV Digital

Menkominfo Pertanyakan Kesiapan Lembaga Penyiaran Dalam Penyediaan STB untuk TV Digital 

Johnny G Plate mempertanyakan kesiapan perusahaan atau lembaga penyiaran sebagai penyelenggara multipleksing dalam mendistribusikan set top box

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Menkominfo Pertanyakan Kesiapan Lembaga Penyiaran Dalam Penyediaan STB untuk TV Digital 
Tribunnews.com/Yanuar Riezqi Yovanda
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (8/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan, pemberhentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) tetap dilakukan pada 2 November 2022. 

Johnny G Plate mempertanyakan kesiapan perusahaan atau lembaga penyiaran sebagai penyelenggara multipleksing dalam mendistribusikan set top box (STB), untuk mendukung peralihan siaran TV analog ke digital. 

"Sudah disiapkan STB dan distribusi belum? Kalau belum, apa yang mau saya lapor? Justru koordinasinya perlu," ujar dia di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Kemenkominfo Berencana Bikin Super Apps, Johnny G Plate Ragu dengan Ketersediaan Anggaran 

Menurut dia, penyetopan siaran TV analog untuk beralih ke digital memerlukan beberapa tahap, dengan tergantung kesiapan penyelenggara multipleksing. 

"Kita harus lakukan multi fase dalam ASO, sesuai kesiapan penyelenggara multipleksing," kata Johnny. 

Namun, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, ASO paling lambat berlangsung 2 November 2022. 

"UU syaratkan itu, yang pasti bahwa 2 November, masyarakat sudah dapat hak layanan digital karena sekarang sudah ada siaran analog dan digital. Karena itu, 2 November nanti yang ingin nonton siaran digital pasti bisa, tidak ada hak dilanggar, kecuali perangkatnya belum sesuaikan digital," pungkasnya.

Baca juga: Cara Cek Sinyal TV Digital Melalui HP sebelum Install Set Top Box, Ini Tips Pilih STB Bersertifikat

Siaran TV Analog Dihentikan

Terkait adanya analog switch off atau ASO ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membagikan 6,7 juta Set Top Box (STB) kepada masyarakat yang terdampak ASO.

Sub Koordinator Perencanaan Infrastruktur Penyiaran Kemkominfo Indra Siswoyo mengatakan, 6,7 STB yang dibagikan gratis ini untuk rumah tangga miskin yang terdampak ASO.

“Rincian dari 6,7 juta STB ini, yaitu 2,7 unit dari pemerintah dan 4 juta unit dari komitmen operator MUX swasta,” ucap Indra, Rabu (06/04/2022).

Setiap satu rumah keluarga miskin akan mendapatkan satu unit STB dan wajib mendokumentasikan foto pada saat serah terima.

“Kemudian penerima bantuan wajib menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan STB,” ucap Indra.

Baca juga: Cara Pasang Set Top Box ke TV Analog, Pilih STB yang Bersertifikat Kominfo

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas