Tribun Techno

Mark Zuckerberg Rombak Aplikasi Metaverse Horizon Worlds, Usai Dikritik Desainnya Terlalu Sederhana

Mark Zuckerberg akan merombak aplikasi metaverse Horizon Worlds setelah desain grafisnya dikritik terlalu sederhana.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mark Zuckerberg Rombak Aplikasi Metaverse Horizon Worlds, Usai Dikritik Desainnya Terlalu Sederhana
difernews.gr
CEO Meta Platforms Inc., Mark Zuckerberg. 

 Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - CEO raksasa teknologi Meta Platforms Inc., Mark Zuckerberg, akan merombak aplikasi metaverse Horizon Worlds setelah desain grafisnya dikritik terlalu sederhana.

Menghadapi kritikan ini, Zuckerberg mengumumkan serangkaian perubahan akan terjadi di aplikasi tersebut, dengan menjamin desain visual pada Horizon Worlds akan membuat penggunanya terkesan.

Mark Zuckerberg menyampaikan kabar tersebut dalam postingan Instagramnya seraya menunjukkan gaya grafis baru yang akan digunakan Horizon Worlds.

"Pembaruan besar untuk Horizon dan grafik avatar segera hadir. Grafik di Horizon mampu melakukan lebih banyak lagi — bahkan pada headset — dan Horizon meningkat dengan sangat cepat," ujar CEO Meta ini dalam unggahan Instagramnya, yang dikutip dari Bitcoin News.

Perombakan ini datang sebagai tanggapan atas reaksi warganet saat avatar Mark Zuckerberg disertakan dalam pengumuman peluncuran Horizon Worlds di Spanyol dan Prancis. Banyak warganet menganggap avatar tersebut ketinggalan zaman karena desain grafisnya yang terlalu sederhana.

Kemunculan avatar Zuckerberg telah mendorong influencer, kolumnis dan pengguna aplikasi Horizon Worlds untuk melontarkan kritik terhadap Meta.

"Benar-benar membingungkan bahwa Meta menghabiskan lebih dari $10 miliar untuk VR tahun lalu dan grafik di aplikasi andalannya masih terlihat lebih buruk daripada game Wii 2008," kata kolumnis teknologi untuk The New York Times, Kevin Roose.

Baca juga: Mark Zuckerberg Pamerkan Headset VR Cambria, Tandai Keseriusannya di Metaverse

Sementara aktivis dan analis data Amerika Serikat (AS), Emily Gorcenski membandingkan grafik yang ditampilkan pada Horizon Worlds dengan teknologi sebelum tahun 2000-an.

"Ayo bekerja untuk Meta, di mana para teknolog paling brilian saat ini telah mencapai grafik level 1995," ujar Gorcenski.

Zuckerberg memberikan pembelaan, bahwa avatarnya diambil begitu cepat untuk merayakan peluncuran Horizon Worlds di Spanyol dan Prancis.

"Saya tahu foto yang saya posting awal minggu ini cukup mendasar — diambil dengan sangat cepat untuk merayakan peluncuran," ungkap Zuckerberg.

Baca juga: Lihai Berekspansi di Metaverse, Mark Zuckerberg Diprediksi Bisa Pimpin Dunia Virtual

Kritik tersebut datang karena Meta telah menginvestasikan sejumlah besar dana ke unit Metaverse-nya, Reality Labs.

Sementara Reality Labs, yang memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak realitas virtual, mencatat penjualan lebih dari 400 juta dolar AS selama kuartal kedua tahun ini.

Sedangkan kerugiannya mencapai 2,8 miliar dolar AS dalam periode yang sama.

Meta telah menerbitkan obligasi senilai 10 miliar dolar AS awal bulan ini untuk mendanai operasinya, termasuk divisi metaverse-nya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas