Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

YouTube Luncurkan Halaman Khusus Podcast Bagi Pengguna di Amerika

YouTube telah menyematkan tab podcast di samping kategori trending, musik, film, game, berita dan olahraga di halaman eksplorasi.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in YouTube Luncurkan Halaman Khusus Podcast Bagi Pengguna di Amerika
TechCrunch
Ilustrasi YouTube. YouTube mengonfirmasi akan segera menambahkan halaman podcast khusus pada platformnya bagi pengguna di Amerika Serikat (AS). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - YouTube mengonfirmasi akan segera menambahkan halaman podcast khusus pada platformnya bagi pengguna di Amerika Serikat (AS).

Melansir dari Techcrunch, Selasa (23/8/2022), halaman atau beranda podcast khusus dapat diakses oleh pengguna di AS melalui URL YouTube.com/podcasts.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaksesnya melalui halaman eksplorasi. YouTube telah menyematkan tab podcast di samping kategori trending, musik, film, game, berita dan olahraga di halaman eksplorasi.

Baca juga: YouTube Hapus Video yang Gunakan Anak-Anak dalam Uji Coba FSD Tesla

Namun YouTube mengungkapkan, untuk saat ini halaman podcast khusus belum tersedia secara global dan baru bisa dinikmati oleh pengguna di AS.

“Halaman tujuan podcast di YouTube membantu pengguna menjelajahi episode, acara, dan pembuat podcast baru dan populer, serta merekomendasikan konten podcast. Saat ini hanya tersedia di AS,” kata juru bicara YouTube, Paul Pennigton.

Meski YouTube menolak untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut mengenai rencana peluncuran halaman podcast khusus secara global, platform ini mengisyaratkan pemberitahuan mengenai hal ini akan segera datang.

Sebelumnya sudah ada sejumlah petunjuk jika YouTube akan serius merambah ke dunia podcast, terutama setelah Spotify menambah dukungan podcast video di platformnya.

BERITA TERKAIT

Tahun lalu, YouTube menunjuk Kai Chuk untuk memimpin proyek podcast di platform tersebut. Sebelum diangkat menjadi Head of Podcasting, Chuk menjabat sebagai Direktur Media Digital dan Kemitraan Perusahaan di Youtube.

Platform ini juga dilaporkan telah menawarkan kerja sama dengan beberapa podcaster populer untuk menayangkan acara mereka.

Baca juga: Lirik Lagu Pink Venom - BLACKPINK, Trending di YouTube

Sebuah situs berita Podnews membocorkan dokumen setebal 84 halaman yang merinci peta jalan untuk proyek podcast YouTube.

Dalam dokumen tersebut YouTube mengungkapkan pihaknya memiliki rencana untuk menguji coba fitur podcast dengan menyerap umpan Really Simple Syndication (RSS). Selain itu, dalam dokumen tersebut juga menyebut URL baru yaitu YouTube.com/podcasts.

Melalui dokumen tersebut, terungkap rencana YouTube untuk menampilkan iklan audio yang dijual oleh Google dan mitra lainnya dalam fitur podcast-nya. Ini dapat menjadi sumber pendapatan yang potensial bagi platform tersebut.

Dokumen tersebut mengatakan, YouTube berencana meluncurkan metrik audio-first kepada pembuat konten dan menghubungkan data YouTube ke platform pengukuran peringkat podcast seperti termasuk Nielsen, Chartable, dan Podtrac.

Kemajuan YouTube dalam podcasting mengikuti langkah Spotify untuk menginvestasikan dana ke industri podcast.

Spotify telah meluncurkan fitur podcast berbayar serta mengembangkan platform dan layanan teknologi iklan untuk podcast.

Layanan audio streaming asal Swedia ini mencatat pendapatannya di industri podcast pada tahun lalu mencapai 200 juta euro, naik 300 persen dari tahun 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas