Tribun Techno

Mudahkan Pengguna Mengakses Quest VR, Meta Luncurkan Sistem ID Baru

Perubahan ini dilakukan Meta untuk mempermudah akses pengguna perangkat VR Meta dalam memasuki dunia Metaverse.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Mudahkan Pengguna Mengakses Quest VR, Meta Luncurkan Sistem ID Baru
Kompas.com
Meningkatnya perkembangan teknologi yang kian pesat membuat Meta terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai perubahan pada aplikasinya, seperti mengubah sistem login di layanan headset Quest Virtual Reality (VR) miliknya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Meningkatnya perkembangan teknologi yang kian pesat membuat Meta terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai perubahan pada aplikasinya, seperti mengubah sistem login di layanan headset Quest Virtual Reality (VR) miliknya.

Perubahan ini dilakukan Meta untuk mempermudah akses pengguna perangkat VR Meta dalam memasuki dunia Metaverse.

Melansir dari The Verge, nantinya untuk memasuki dunia Metaverse yang ditawarkan Meta pengguna tak perlu lagi mendaftarkan diri pada akun Oculus.

Dengan perubahan sistem login baru pengguna kini hanya perlu membuat akun Meta dengan menautkan alamat email, akun Facebook, atau akun Instagram.

“Struktur akun Meta baru kami memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan kontrol, memungkinkan Anda memilih untuk mengaitkan akun Facebook atau Instagram pada profil Meta Horizon Anda untuk mengakses pengalaman VR, ”kata Meta dalam posting blognya.

Baca juga: Mark Zuckerberg Rombak Aplikasi Metaverse Horizon Worlds, Usai Dikritik Desainnya Terlalu Sederhana

Meskipun begitu para pengguna lawas headset Quest VR yang melakukan login dengan akun Oculus, masih diperbolehkan memindahkan akunnya hingga 1 Januari 2023.

Selain merombak sistem login pada layanannya, meta juga mengubah tampilan profil pengguna pada platform Meta Horizon. Melalui perubahan tersebut, kini pengguna dapat menyematkan avatar dalam profilnya.

Tak hanya itu Meta pun turut mengganti istilah "Teman" menjadi “Pengikut" di platform Metaverse Meta Horizon. Hal tersebut dimaksudkan agar nuansa platform Meta mirip seperti Instagram.

Sementara untuk menunjang keamanan pengguna dalam mengakses permainan headset Quest Virtual Reality di dalam platform Meta Horizon, raksasa teknologi ini akan menawarkan tiga opsi akun Meta untuk pengguna yaitu "Terbuka untuk Semua Orang”, “Teman dan Keluarga”, dan “privasi”.

Ketiganya memiliki implikasi berbeda, dengan begini pengguna dapat mengatur siapa yang dapat terhubung dan melihat akun mereka. Sementara untuk di umur 13 hingga 17 tahun, akun Meta secara otomatis akan disetel ke akun pribadi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas