Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Instagram Izinkan Pengguna Bagikan Postingan, Reels dan Lokasi Lewat Kode QR  

melalui fitur berbagi kode QR ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dan pemilik bisnis membagikan konten tertentu

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Instagram Izinkan Pengguna Bagikan Postingan, Reels dan Lokasi Lewat Kode QR  
Mashable
Instagram mengizinkan penggunanya untuk membagikan postingan, Reels dan lokasi pada fitur map kepada siapa pun melalui kode QR. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Platform media sosial Instagram mengizinkan penggunanya untuk membagikan postingan, Reels dan lokasi pada fitur map kepada siapa pun melalui kode QR.

Perusahaan induk Instagram, Meta mengatakan melalui fitur berbagi kode QR ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dan pemilik bisnis membagikan konten tertentu.

“Untuk memudahkan orang dan bisnis berbagi konten tertentu, kami baru-baru ini meluncurkan kemampuan untuk membuat kode QR untuk profil, tag, lokasi, gulungan, dan lainnya,” kata juru bicara Meta, yang dikutip dari Techcrunch, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Cara Download Video Instagram Termasuk Reels dan IGTV dengan Mudah Tanpa Aplikasi Beserta Link

Bagi pengguna yang membuka Instagram melalui aplikasi seluler, dapat membagikan postingan, Reels, maupun lokasi melalui kode QR dengan menekan tanda titik tiga pada postingan tersebut untuk melihat opsi "Kode QR".

Sementara bagi pengguna yang menggunakan Instagram versi web dapat menambahkan "/qr" ke URL postingan atau Reels untuk menghasilkan kode QR.

Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi sebelumnya telah membagikan kabar bahwa Instagram sedang mengerjakan fitur berbagi kode QR. Dan saat ini, fitur tersebut telah tersedia secara umum.

Belum ada informasi apakah fitur berbagi kode QR ini tersedia bagi semua pengguna platform tersebut di seluruh dunia. Namun bagi pengguna Instagram di Indonesia, sekarang dapat menggunakan fitur ini setelah memperbarui aplikasi.

BERITA TERKAIT

Melalui fitur ini, aktor atau aktris dapat membuat dan membagikan kode QR untuk mempromosikan film atau karya mereka dengan mudah.

Musisi juga dapat membuat dan membagikan kode QR untuk mengarahkan orang-orang ke Reels yang berisi lagu baru mereka, serta para pemilik restoran dapat membagikan kode QR sehingga orang-orang dapat melihat restoran sebelum mengunjunginya.

Beberapa startup seperti Batch telah menggunakan kode QR untuk membuat proses belanja bagi penggunanya berjalan lebih cepat. Sehingga tidak heran jika Instagram memanfaatkan kode QR untuk mendorong upaya pemilik bisnis mempromosikan produk atau usahanya.

Baca juga: Cara Download Video Reels Instagram Tanpa Aplikasi

Pada bulan Juli lalu, seorang eksekutif Google menyebut anak-anak muda di Amerika Serikat semakin banyak menggunakan platform media sosial seperti TikTok dan Instagram untuk menemukan tempat-tempat baru seperti restoran dan kafe untuk dikunjungi.

Dengan adanya fitur berbagi kode QR ini, dapat membantu pengguna Instagram menemukan restoran atau informasi penting lainnya dengan mudah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas