Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Xl dan Kemenkes Lawan Misinformasi dan Hoaks Kesehatan dengan Cara Ini

Tanya321 sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kemenkes.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Xl dan Kemenkes Lawan Misinformasi dan Hoaks Kesehatan dengan Cara Ini
HO
Kementerian Kesehatan menggandeng operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) dan Viamo Indonesia (Viamo) untuk melawan banyaknya misinformasi dan hoaks seputar kesehatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan menggandeng operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) dan Viamo Indonesia (Viamo) untuk melawan banyaknya misinformasi dan hoaks seputar kesehatan.

Ketiganya menghadirkan layanan Tanya321 sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Dengan Tanya321, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait, selama 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp.

Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi mengatakan, kini sarana akses informasi Kemenkes memungkinkan menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin.

Baca juga: Penggunaan Mesin Pencarian Perlu Dimaksimalkan Untuk Hindari Hoaks

“Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan untuk memperkuat aktivitas promotif preventif salah satunya adalah dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer,” kata Maria dalam keterangan persnya, Jumat (26/8/2022).

Maria juga mengungkapkan, Layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam dengan meluncurkan layanan hotline 321, di mana seluruh pelanggan XL Axiata dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak informasi lainnya dari semua tipe ponsel apapun, termasuk ponsel sederhana.

BERITA TERKAIT

Lebih dari 430 ribu penelpon telah mengakses layanan ini dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat mendukung program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dalam mensosialiasikan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir menambahkan, pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan, karena di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021.

Karena itu, penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini sehingga masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi secara gratis.

Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas