Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Aplikasi Facebook Gaming Tutup Akhir Tahun Ini, Akibat Tak Mampu Bersaing dengan Twitch  

Aplikasi Facebook Gaming untuk pengguna iOS dan Android dilaporkan tutup per tanggal 28 Oktober 2022.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Aplikasi Facebook Gaming Tutup Akhir Tahun Ini, Akibat Tak Mampu Bersaing dengan Twitch  
Istimewa
Platform media sosial Facebook mengumumkan pada Selasa (30/8/2022), pihaknya akan menutup aplikasi gaming miliknya pada akhir tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Platform media sosial Facebook mengumumkan pada Selasa (30/8/2022), pihaknya akan menutup aplikasi gaming miliknya pada akhir tahun ini.

Aplikasi Facebook Gaming untuk pengguna iOS dan Android dilaporkan tutup per tanggal 28 Oktober 2022. Mulai tanggal tersebut, aplikasi live streaming untuk pemain gim yang digadang-gadang sebagai saingan Twitch ini tidak akan tersedia di toko aplikasi.

"Kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Anda semua atas semua yang telah Anda lakukan untuk membangun komunitas yang berkembang bagi para gamer dan penggemar sejak aplikasi ini pertama kali diluncurkan. Ini benar-benar upaya yang dipimpin komunitas untuk menghadirkan fitur game baru ke Facebook," ujar tim Facebook Gaming dalam pemberitahuan di aplikasinya, yang dikutip dari CNN, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Cara Membagikan Status WhatsApp ke Cerita Facebook

Namun seorang juru bicara Facebook mengungkapkan, aplikasi ini dapat ditemukan dalam fitur gim di aplikasi utama Facebook.

"Orang-orang masih dapat menemukan permainan, pita, dan grup mereka di aplikasi Facebook utama," kata juru bicara tersebut.

Facebook Gaming diluncurkan pada tahun 2018 dan diharapkan dapat memanfaatkan pengguna Facebook yang besar. Walaupun berhasil memikat beberapa streamer populer melalui kontrak yang menguntungkan, namun langkah itu belum berhasil mengatasi persaingan di sektor platform live streaming game.

Menurut data dari perusahaan riset pasar StreamLabs, Facebook Gaming menguasai 7,9 persen pangsa pasar pada kuartal kedua tahun ini.

BERITA TERKAIT

Sedangkan Twitch, platform live streaming milik Amazon, berhasil mendominasi pangsa pasar dengan perolehan 76,7 persen dan YouTube Gaming Live menyumbang 15,4 persen.

Baca juga: Meta Rilis Fitur Cross-Posting, Instagram dan Facebook Kini Dapat Berbagi NFT

Ketatnya persaingan antar platform live streaming game, juga membuat Microsoft menutup platform live streaming miliknya, Mixer, pada bulan Juli 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas