Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Serius Garap Dunia Virtual, Meta Teken Kontrak Pembelian Chip Dengan Qualcomm

Kerjasama dengan Qualcomm untuk memproduksi chipset khusus pada perangkat Quest virtual reality (VR) terbaru buatan Meta.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Serius Garap Dunia Virtual, Meta Teken Kontrak Pembelian Chip Dengan Qualcomm
Kominfo
Meta Platforms Inc kerjasama dengan Qualcomm. Dengan kerjasama tersebut, nantinya tim teknik dan produk dari kedua perusahaan akan bekerja sama untuk memproduksi chip, yang ditenagai oleh platform Snapdragon Qualcomm. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Pada acara konferensi elektronik di Berlin, Meta Platforms Inc mengumumkan telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan pembuat chip Qualcomm, Jumat (2/9/2022).

Keseriusan Meta untuk memasuki dunia virtual, membuat raksasa teknologi asal AS ini mempercepat kerjasama dengan Qualcomm untuk memproduksi chipset khusus pada perangkat Quest virtual reality (VR) terbaru buatan Meta.




Dengan kerjasama tersebut, nantinya tim teknik dan produk dari kedua perusahaan akan bekerja sama untuk memproduksi chip, yang ditenagai oleh platform Snapdragon Qualcomm.

Baca juga: Bentuk Divisi Baru, Meta Akan Perbanyak Fitur Berbayar di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Meski tak disebutkan dengan detail berapa dana yang akan digelontorkan pada kerjasama ini dan jenis chipset apa yang akan diproduksi keduannya.

Namun, melansir dari Reuters kolaborasi ini akan dikhususkan untuk mengembangkan dunia digital yang imersif khususnya pada teknologi kacamata pass-through dan kacamata augmented reality.

"Kami masih dalam tahap awal metaverse dan integrasi teknis mendalam semacam ini akan membantu VR bergerak menuju platform komputasi multifungsi," ujar juru bicara Meta, Tyler Yee.

BERITA TERKAIT

Kerjasama dengan Qualcomm bukanlah kali pertama yang dilakukan Meta, sejak tahun 2021 lalu Meta diketahui telah aktif berinvestasi pada teknologi chip buatan Qualcomm untuk mengembangkan silikon kustom pada sistem headset VR Quest 2.

Nantinya dalam kerjasama terbaru dengan Qualcomm, Meta hanya akan mengimpor chip perangkat VR. Sementara untuk silicon chip Yee mengungkap bahwa perusahaannya akan mengembangkan dan mengeksplorasi perangkat tersebut.

"Mungkin ada situasi di mana kami menggunakan silikon siap pakai atau bekerja dengan mitra industri dalam penyesuaian, sambil juga mengeksplorasi solusi silikon baru kami sendiri. Mungkin juga ada skenario di mana kami menggunakan solusi mitra dan khusus dalam produk yang sama,"tambah Yee.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas