Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Brazil Minta Apple Tangguhkan Penjualan iPhone Tanpa Pengisi Daya

Pemerintah Brazil pada hari Selasa (6/9) meminta Apple untuk berhenti menjual iPhone tanpa pengisi daya baterai di negara itu.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Brazil Minta Apple Tangguhkan Penjualan iPhone Tanpa Pengisi Daya
YouTube/ Apple
Ilustrasi iPhone 12 ungu. Pemerintah Brazil pada hari Selasa (6/9) meminta Apple untuk berhenti menjual iPhone tanpa pengisi daya baterai di negara itu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SAO PAULO – Pemerintah Brazil pada hari Selasa (6/9) meminta Apple untuk berhenti menjual iPhone tanpa pengisi daya baterai di negara itu.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Kehakiman Brazil telah menjatuhkan denda kepada Apple sebesar 2,38 juta dolar AS dan memerintahkan pembatalan penjualan iPhone 12 serta model yang lebih baru.

Selain itu, kementerian tersebut juga menangguhkan penjualan model iPhone apa pun yang tidak dilengkapi dengan pengisi daya.

Dalam surat resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Kehakiman Brazil, pihaknya berpendapat bahwa iPhone tidak memiliki komponen penting dalam "praktik diskriminatif yang disengaja terhadap konsumen".

Baca juga: Rumor Harga, Bocoran Spesifikasi hingga Jadwal Rilis iPhone 14 Series di Indonesia

Dilansir dari Reuters, Rabu (7/9/2022) pihak berwenang Brazil juga menolak argumen Apple mengenai praktik tersebut, yang menurut Apple bertujuan untuk mengurangi emisi karbon.

Namun, Kementerian Kehakiman Brazil menegaskan tidak ada bukti perlindungan lingkungan dari penjualan smartphone tanpa pengisi daya.

BERITA TERKAIT

Perintah dari Kementerian Kehakiman Brazil, datang sehari sebelum Apple meluncurkan seri iPhone 14-nya.

Di sisi lain, pihak Apple menolak untuk berkomentar mengenai masalah tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas