Tribun Techno

November 2022, Qualcomm Siap Luncurkan Chipset Snapdragon 8 Generasi Kedua Dalam Dua Model

Produsen chip asal Amerika Serikat itu mengatakan pihaknya akan meluncurkan dua versi chip barunya tersebut di acara Snapdragon Summit 2022.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in November 2022, Qualcomm Siap Luncurkan Chipset Snapdragon 8 Generasi Kedua Dalam Dua Model
Gizmochina
Ilustrasi chip. Berdasarkan rumor yang telah beredar, versi pertama dari chip Snapdragon 8 generasi kedua akan memiliki frekuensi CPU 3,19GHz yang mirip dengan pendahulunya yakni Snapdragon 8+ generasi pertama. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Qualcomm bersiap meluncurkan chip terbarunya yakni Snapdragon 8 generasi kedua pada November 2022.

Dikutip dari Sammobile, Sabtu (17/9/2022) produsen chip asal Amerika Serikat itu mengatakan pihaknya akan meluncurkan dua versi chip barunya tersebut di acara Snapdragon Summit 2022.

Berdasarkan rumor yang telah beredar, versi pertama dari chip Snapdragon 8 generasi kedua akan memiliki frekuensi CPU 3,19GHz yang mirip dengan pendahulunya yakni Snapdragon 8+ generasi pertama.

Baca juga: Serius Garap Dunia Virtual, Meta Teken Kontrak Pembelian Chip Dengan Qualcomm

Versi kedua akan memiliki frekuensi CPU yang jauh lebih tinggi sekitar 3.4 hingga 3.5GHz. Rumor tersebut juga mengklaim bahwa akan ada peningkatan signifikan pada kinerja GPU.

Setelah kinerja termal yang buruk dari Snapdragon 888 dan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm beralih dari Samsung Foundry ke TSMC untuk memproduksi chip Snapdragon 8+ Gen 1.

Di samping itu, prosesor 4nm TSMC telah menawarkan kinerja termal dan efisiensi daya yang jauh lebih baik. Bahkan Snapdragon 8 Gen 2 akan dibuat menggunakan prosesor 4nm TSMC.

Rumor sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa Snapdragon 8 generasi kedua akan menampilkan satu inti CPU Cortex-X3, dua inti CPU Cortex-A715, dua inti CPU Cortex-A710, dan tiga inti CPU Cortex-A510.

Nantinya, chip Snapdragon 8 generasi kedua akan disematkan pada jajaran Galaxy S23 dan iQOO 11.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas