Tribun Techno

iPhone 14 Disebut Dibekali Modem Snapdragon X65 Qualcomm untuk Tangkap Sinyal Satelit  

Fitur baru diusung seri iPhone 14 adalah kemampuan terhubung ke satelit untuk mengirim pesan darurat ketika tidak ada koneksi WiFi atau data seluler

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in iPhone 14 Disebut Dibekali Modem Snapdragon X65 Qualcomm untuk Tangkap Sinyal Satelit  
Brittany Hosea-Small / AFP
iPhone 14 Pro dan iPhone14 Pro Max baru ditampilkan selama acara peluncuran produk baru di Apple Park di Cupertino, California, pada 7 September 2022. Seri iPhone 14 Apple dilaporkan dilengkapi dengan chip keluaran Qualcomm yang dapat menangkap sinyal satelit. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, SAN LUIS OBISPO - Seri iPhone 14 Apple dilaporkan dilengkapi dengan chip keluaran Qualcomm yang dapat menangkap sinyal satelit.

Salah satu fitur baru yang diusung seri iPhone 14 ini adalah kemampuan terhubung ke satelit untuk mengirim pesan darurat ketika tidak ada koneksi WiFi ataupun data seluler.

Melansir dari Reuters, pada awal bulan ini Apple mengatakan seri iPhone 14 berisi perangkat keras baru yang memungkinkan layanan pesan darurat, yang rencananya akan diaktifkan oleh Apple dengan pembaruan perangkat lunak yang akan datang pada bulan November.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Power Bank Wireless Magnetik Khusus Pengguna Iphone 14

Namun Apple tidak memberikan rincian mengenai perangkat keras yang dimaksud.

iFixit, perusahaan e-commerce Amerika yang berbasis di San Luis Obispo, California, menemukan chip modem Qualcomm X65 terpasang pada iPhone 14 Pro Max, setelah membongkar perangkat tersebut pada Jumat (16/9/2022) lalu.

Perusahaan ini memang sering membongkar iPhone dan elektronik lainnya untuk menilai seberapa mudah perangkat tersebut dapat diperbaiki.

Chip Qualcomm menyediakan konektivitas 5G untuk jaringan seluler, yang juga mampu menggunakan pita n53, sebuah pita frekuensi yang digunakan oleh satelit dari Globalstar.

Perusahaan satelit Globalstar awal bulan ini mengumumkan kesepakatan di mana Apple akan mengambil 85 persen dari kapasitas jaringan satelit Globalstar untuk mengaktifkan fitur pesan darurat baru Apple.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (17/9/2022), Apple mengatakan akan ada perangkat keras dan perangkat lunak tambahan di iPhone 14 untuk mendukung fitur perpesanan barunya.

"iPhone 14 mencakup komponen frekuensi radio khusus, dan perangkat lunak baru yang dirancang sepenuhnya oleh Apple, yang bersama-sama mengaktifkan SOS Darurat melalui satelit pada model iPhone 14 baru," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Pre Order iPhone 14 Pro Ramai Diserbu Pembeli, Saham Apple Langsung Melonjak

Sementara produsen chip Qualcomm tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai keterlibatan chipnya  pada seri terbaru iPhone.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas