Tribun Techno

Usung Gebrakan Baru, Intel Tak Lagi Pakai Prosesor Pentium dan Celeron di 2023

Perubahan nama alias rebranding ini akan dilakukan untuk menggantikan merek prosesor pada notebook atau laptop yang akan diproduksi di 2023

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Usung Gebrakan Baru, Intel Tak Lagi Pakai Prosesor Pentium dan Celeron di 2023
IST
Intel mengumumkan gebrakan baru dengan menyetop chip seri Pentium dan Celeron. Sebagai gantinya produsen mikroprosesor ini akan mengubah nama produknya  menjadi Prosesor Intel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Intel mengumumkan gebrakan baru dengan menyetop chip seri Pentium dan Celeron. Sebagai gantinya produsen mikroprosesor ini akan mengubah nama produknya  menjadi Prosesor Intel.

Perubahan nama alias rebranding ini akan dilakukan untuk menggantikan merek prosesor pada notebook atau laptop yang akan diproduksi di 2023. Hal tersebut dilakukan Intel guna mempermudah perusahaan dalam melakukan penawaran produk kepada konsumen.

“Branding Prosesor Intel yang baru akan membantu  penawaran kami, sehingga pengguna dapat fokus dalam memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka,” jelas Vice President dan Interim General Manager of Mobile Client Platforms Intel, Josh Newman.

Baca juga: Intel akan Luncurkan Teknologi Wi-Fi-7 Berkecepatan Lebih dari 5 Gbps pada 2024

Selain itu rebranding dilakukan untuk menyederhanakan produk chip yang dikeluarkan Intel, dengan begini perusahaan dapat memfokuskan diri untuk merilis prosesor yang tepat sesuai kebutuhan pasar khususnya untuk kelas menengah dan kelas bawah.

Diperkenalkan sejak 1993 silam, chip kelas menengah yakni Pentium saat ini telah berumur hampir 30 tahun. Sementara kembarannya prosesor Celeron digunakan Intel sebagai prosesor produk kelas bawah atau entry-level sejak tahun 1998.

Dijual dengan harga yang terjangkau membuat kedua chip besutan Intel ini kerap digunakan di sejumlah laptop-laptop murah.

Namun belakangan ini Pentium dan Celeron telah membangun persepsi yang negatif. Dimana para produsen Chromebook dan laptop sering mengeluhkan performa kedua chip buatan Intel karena dinilai kurang bisa menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan pasar.

Alasan ini yang membuat Intel ingin melakukan rebranding dengan mengubah rangkaian prosesor entry-level buatannya, agar dapat meningkatkan standar PC dan notebook yang sudah ditentukan pasar.

Baca juga: Intel Ungkap Spesifikasi Kartu Grafis Arc Series Baru

Mengutip dari The Verge, rebranding akan mulai dilakukan Intel dalam beberapa minggu mendatang. Tepatnya sebelum Intel memperkenalkan prosesor komputer generasi ke-13 dengan jaringan 6GHz andalan perusahaan pada pekan ini.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas