Tribun Techno

Youtube Uji Coba Iklan Tanpa Bisa Dilewati, Pengguna Mengeluh

Munculnya tayangan iklan yang lebih banyak dari sebelumnya, belakangan telah membuat jagad dunia maya ramai dipenuhi keluhan pengguna Youtube.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Youtube Uji Coba Iklan Tanpa Bisa Dilewati, Pengguna Mengeluh
TechCrunch
Ilustrasi YouTube. YouTube dikabarkan tengah melakukan uji coba format iklan secara diam-diam. Penambahan iklan ini dimaksudkan untuk memulihkan kondisi pendapatan iklan YouTube yang selama beberapa bulan terakhir mengalami penurunan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – YouTube dikabarkan tengah melakukan uji coba format iklan secara diam-diam.

Munculnya tayangan iklan yang lebih banyak dari sebelumnya, belakangan telah membuat jagad dunia maya ramai dipenuhi keluhan pengguna Youtube.

Melalui forum sosial media Reddit, para pengguna YouTube gratis ini menyampaikan keluh kesah mereka terkait iklan yang disematkan platform video tersebut, mereka melaporkan iklan yang tayang pada YouTube kini jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya.

Baca juga: Waspada! Puluhan Ribu Orang Terkecoh Video Kripto Apple Palsu di YouTube  

Dimana ada lima format iklan yang muncul sebelum pengguna menonton video YouTube versi gratis. Sementara lima iklan lainnya muncul saat di tengah-tengah video.

Sayangnya semua iklan yang ditampilkan YouTube tidak bisa dilewatkan untuk ditonton atau dengan kata lain tidak bisa dilewati, alasan inilah yang membuat para pengguna merasa jengkel dengan aturan baru YouTube.

Mengingat sebelumnya YouTube memberikan opsi skip pada tampilan iklan di platformnya, meski iklan yang dihadirkan YouTube berdurasi pendek sekitar 5 hingga 6 detik.

Namun apabila dikalkulasikan, total durasi iklan tersebut bisa mencapai 50 hingga 60 detik atau sekitar satu menit. Jumlah durasi iklan ini meningkat drastis bila dibanding dengan iklan sebelumnya.

"Jadi @YouTube, kini dua iklan sudah tidak cukup. Sekarang kalian ingin memainkan lima iklan di mana tidak ada yang peduli dengan itu, dan iklan ini tidak bisa saya skip?" kata salah satu netizen.

Baca juga: BTS Menjadi Artis Pria Pertama yang Memiliki 70 Juta Subcriber di YouTube

Menanggapi banyaknya tanggapan negatif mengenai layanan iklan dalam platformnya, YouTube pun lantas merilis sebuah pernyataan resmi di akun Twitter.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas