Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

iPhone 14 Pro Banyak Diburu, Penjualan Apple Ungguli Samsung Galaxy S22 Ultra

iPhone 14 Pro besutan Apple menjadi primadona di pasaran China dan popularitasnya melejit mengalahkan Galaxy S22 Ultra dari Samsung.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in iPhone 14 Pro Banyak Diburu, Penjualan Apple Ungguli Samsung Galaxy S22 Ultra
via PCmag
iPhone 14 Pro (kiri) and iPhone 14 Pro Max (kanan). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Penjualan gawai anyar iPhone 14 Pro besutan Apple belakangan menjadi primadona di pasaran China dan popularitasnya melejit mengalahkan Galaxy S22 Ultra dari Samsung.

Dalam laporan terbarunya, Apple menyatakan penjualan Iphone 14 series dalam 24 jam telah ludes hingga mencapai 2 juta unit, sementara untuk pemesanan pre-order iPhone 14 telah tembus 85 persen.

Tak hanya penjualan iphone 14 series serta pre order iPhone 14 Pro saja saja yang ramai diburu pembeli. 

Peluncuran headset iPhone 14 Pro di toko pusat Apple di distrik Nanshan Shenzhen, pada Jumat (16/9/2022) juga turut dipadati para pembeli hingga mengakibatkan antrian yang panjang.

Melonjaknya daya minat masyarakat China pada jajaran iPhone 14 besutan Apple, bahkan membuat produk saingannya itu  ponsel Samsung mengalami penurunan popularitas.

Menurut lembaga penelitian di China, Counterpoint Research, posisi Apple kini telah memimpin pasar penjualan ponsel premium di China dengan pangsa sebesar 46 persen pada kuartal kedua 2022.

Baca juga: Penjualan iPhone 14 Series di Rusia Meningkat 150 Persen, Tebanyak untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max

BERITA TERKAIT

Posisi ini mengungguli saingannya yaitu Samsung yang saat ini berada di posisi ketujuh dalam pasar China.

Melonjaknya antusias masyarakat China dalam perilisan iPhone 14 bahkan membuat sebagian besar pemilik Galaxy S22 Ultra memutuskan menjual perangkat mereka dan menukarnya ke iPhone 14 Pro.

Itu mereka lakukan setelah mereka melihat kecanggihan yang ditawarkan pada gawai anyar besutan Apple itu, menurut laporan Pengembang perangkat lunak (XDA) Leaker Ice Universe.

Jika dibandingkan, baik iPhone 14 Pro maupun S22 Ultra sama – sama memiliki kelebihan. Melansir dari Phone Arena ukuran RAM iPhone 14 Pro Max  lebih kecil dari Samsung Galaxy S22 Ultra.

Baca juga: Analis: Permintaan iPhone 14 Pro Max di Atas Ekspektasi, Versi 14 Plus Melemah

Begitupun untuk resolusi layar Galaxy S22 jauh lebih unggul dibanding iPhone 14. Namun hal tersebut tak menjamin kinerja ponsel besutan pabrik Samsung asal Korea Selatan itu lebih lebih baik dari Apple.

Dari segi OS keduanya sama – sama dibekali dengan chip unggulan dimana iPhone 14 Pro Max memakai chipset A16 Bionic (4 nm) dengan CPU Hexa-core mencapai 2x3.46 GHz dan GPU Apple 5-core graphics. Sementara Samsung S22 Ultra memakai One UI 4.1.1 berbasis Android 12.

S22 Ultra mungkin terlihat memiliki keunggulan dibandingkan iPhone 14 Pro, akan tetapi chip yang tersemat dalam gawai anyar Samsung ini sangat rentan terhadap suhu panas yang berlebih, selain itu kamera utamanya S22 Ultra memiliki piksel yang lebih kecil daripada iPhone 14 yang dibekali sensor kamera 48MP.

Kamera depan iPhone 14 Pro Max memiliki dual kamera dengan resolusi 12 MP + SL 3D depth camera, sementara Samsung A22 Ultra punya single camera dengan resolusi 40 M.

Keunggulan inilah yang membuat para pelanggan Samsung mulai kepincut dan beralih ke produk iPhone 14 Pro Max, hingga  penjualan Apple mencatatkan lonjakan yang tinggi dari kuartal sebelumnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas