Tribun Techno

Menkominfo Johnny G Plate: Perancis Akan Berikan Dukungan Kebutuhan Satelit di Indonesia

Kebutuhan satelit Indonesia yaitu 1 terabyte per second, saat ini baru 230 gbps dari 2 satelit.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menkominfo Johnny G Plate: Perancis Akan Berikan Dukungan Kebutuhan Satelit di Indonesia
dok. Kominfo
Menkominfo Johnny G Plate dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht saat bertemu dalam pembicaraan bilateral meeting Rabu pagi, 21 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht melakukan bilateral meeting pagi ini.

Dalam pertemuan tersebut, di antaranya membahas potensi kebutuhan pengadaan satelit di Indonesia berikutnya karena baru terpenuhi sekira 230 gigabyte per second (gbps).

"Potensi-potensi pengadaan satelit berikutnya, kebutuhan satelit Indonesia 1 terabyte per second, saat ini baru 230 gbps dari 2 satelit. Kita butuh lebih dari 700 gbps, pemerintah Perancis sangat ingin beri dukungan layanan satelit untuk kebutuhan transformasi digital secara khusus," ujarnya di Gedung Kementerian Kominfo, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Menkominfo dan Mendag Prancis Bahas Finalisasi Proyek Satelit Satria-1 yang Dibiayai BPI France

Selain itu, ada diskusi terkait keamanan siber walaupun menurut Johnny sektornya ada di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kami diskusikan karena Perancis punya teknologi keamanan siber yang bagus untuk memperkuat di Indonesia. Saya teruskan ke kepala BSSN," katanya.

Dia menambahkan, ada juga diskusi terkait proyek-proyek lain, di mana perusahaan Perancis tertarik ambil bagian di transformasi digital termasuk platform e-commerce hingga modal ventura.

"Hubungan Kominfo dan Kementerian Perdagangan Perancis sangat dekat. Banyak proyek sukses dan beri dukungan transformasi di Indonesia, termasuk energi dan kebutuhan konektivitas, dan sebagainya," tutur Johnny.

Pada tempat sama, Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht menambahkan, kawasan Pasifik sangat penting bagi Perancis.

Karena itu, perlu untuk memiliki kerja sama di bidang ekonomi yang baik dengan negara-negara di kawasan itu, terutama Indonesia.

"Kami memiliki banyak perusahaan Perancis di Indonesia. Saya sangat senang bahwa kita dapat melangkah lebih jauh dalam kerja sama ini," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas