Tribun Techno

Keyboard Haptic iOS 16 Buat Jengkel, Pengguna iPhone Keluhkan Baterai jadi Lebih Boros

Menanggapi ramainya komentar negatif terkait fitur haptic keyboard, Apple dengan cepat langsung memberikan pernyataan melalui blog resminya.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Keyboard Haptic iOS 16 Buat Jengkel, Pengguna iPhone Keluhkan Baterai jadi Lebih Boros
MacRumors
Apple resmi meluncurkan OS iOS 16 untuk perangkat iPhone 8 ke atas. Fitur haptic keyboard yang tersemat dalam pembaharuan sistem operasi terbaru iPhone yakni iOS 16 belakangan membuat para pecinta Apple jengkel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Diperkenalkan pada awal September, fitur haptic keyboard yang tersemat dalam pembaharuan sistem operasi terbaru iPhone yakni iOS 16 belakangan membuat para pecinta Apple jengkel.

Hadirnya pembaharuan iOS 16 yang menawarkan berbagai fitur anyar yang menarik bagi pengguna, mulai dari letak notifikasi di bawah layar, modifikasi lock screen, hingga melihat password WiFi yang tersambung diklaim jadi pembaruan terbaik yang pernah dirilis Apple.

Namun sayangnya ada sejumlah fitur yang membuat para pengguna iOS 16 mulai geram, salah satunya fitur haptic keyboard. Fitur ini dibuat awalnya untuk memungkinkan pengguna merasakan sensasi getaran saat mengetik.

Baca juga: Intip Deretan Fitur Baru di Safari iOS 16, Bisa Ganti Bahasa hingga Edit Background

Akan tetapi lambat laun fitur anyar ini  ternyata dapat mempengaruhi daya baterai dari ponsel iPhone. Dimana baterai menjadi lebih boros dari sebelumnya, alasan tersebut yang membuat para pengguna iOS 16 merasa kesal.

Menanggapi ramainya komentar negatif terkait fitur haptic keyboard, Apple dengan cepat langsung memberikan pernyataan melalui blog resminya.

Dalam kesempatan tersebut Apple membenarkan apabila fitur haptic keyboard dapat mempengaruhi daya tahan baterai.

“Menyalakan getaran pada keyboard mungkin dapat berdampak pada daya tahan baterai,” jelas  pihak Apple.

Baca juga: Kamera iPhone 14 Pro dan Pro Max Bergetar di Instagram dan TikTok, Apple akan Rilis Pembaruan

Apple tidak merinci lebih lanjut seberapa besar fitur tersebut dapat berdampak pada daya tahan baterai.

Namun mengutip dari Macrumors, hal tersebut terjadi lantaran adanya korelasi antara fitur getaran tersebut dan daya tahan baterai

Sebab getaran yang ditimbulkan saat keyboard disentuh telah membuat baterai bekerja lebih keras, alasan tersebut yang membuat baterai jadi boros.

Menghindari masalah tersebut, Apple menyarankan agar pengguna mematikan fitur haptic keyboard.

Untuk menonaktifkan fitur tersebut pengguna bisa membuka aplikasi Pengaturan, baik dari layar beranda atau perpustakaan aplikasi iPhone Anda.

Kemudian cari dan ketuk opsi mati pada Sound & Haptics, dengan cara ini sistem getar akan langsung mati.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas