Tribun Techno

Samsung Patenkan Teknologi Kamera Bawah Layar Untuk Pengenalan Wajah

Samsung meraih pengesahan hak paten atas teknologi kamera bawah layar untuk pengenalan wajah.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Samsung Patenkan Teknologi Kamera Bawah Layar Untuk Pengenalan Wajah
Samsung Global
Kantor pusat Samsung Amerika Serikat di San Jose. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Samsung meraih paten teknologi kamera bawah layar untuk pengenalan wajah dan akan menggunakan dua sensor kamera yang berada di bawah layar smartphone untuk mendeteksi wajah.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (26/9/2022), hal tersebut pernah dijelaskan dalam aplikasi paten yang diajukan Samsung ke KIPRIS (Layanan Informasi Hak Kekayaan Intelektual Korea) pada Maret 2021.

Hingga saat ini, produsen smartphone asal Korea Selatan itu hanya bereksperimen dengan teknologi pada lini Galaxy Fold-nya tanpa rilis yang lebih luas.

Hal lain yang disebutkan dalam paten tersebut adalah mengukur ukuran pupil mata. Idenya adalah bahwa ukuran pupil manusia bervariasi tergantung pada kondisi pencahayaan.

Temuan ini dapat digunakan sebagai tindakan pengamanan ekstra terhadap penggunaan hal-hal seperti foto atau topeng untuk mengelabui otentikasi wajah.

Xiaomi Patenkan Teknologi Identifikasi Lampu Lalu Lintas

Beberapa waktu lalu Xiaomi telah mengabarkan rencananya memproduksi mobil listrik (EV) pertamanya.

Mengutip dari Arena EV, Xiaomi juga mengumumkan bahwa pihaknya telah memperoleh paten teknologi untuk mengidentifikasi lampu lalu lintas.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy S23 Ultra, Dibekali Kamera 200MP dan Pengisian Daya Cepat 25W

Dengan menggunakan sensor dan kamera mobil, sistem dapat mengumpulkan gambar dari lampu lalu lintas, menentukan urutan waktu lampu lalu lintas, dan menganalisis keadaan pengemudi kendaraan di bagian depan.

Baca juga: iPhone 14 Pro Banyak Diburu, Penjualan Apple Ungguli Samsung Galaxy S22 Ultra

Menurut Xiaomi, hal itu digunakan untuk meningkatkan akurasi dan keamanan dari sistem self-driving pada kendaraan listrik buatannya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas