Tribun Techno

Elon Musk Pamerkan Prototipe Robot Optimus

Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk memamerkan prototipe robot yang disebut Optimus Jumat lalu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Elon Musk Pamerkan Prototipe Robot Optimus
STUFF
CEO Tesla Elon Musk 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk memamerkan prototipe robot yang disebut Optimus Jumat lalu. Robot ini diharapkan memiliki harga lebih murah dibandingkan mobil Tesla dan diproduksi dalam jumlah besar.

Dikutip dari Russia Today, Minggu (2/10/2022), presentasi perangkat baru ini berlangsung di Tesla AI Day 2022, dengan bot itu sendiri berjalan ke atas panggung dan melambai ke arah penonton.

"Prototipe ini 'benar-benar dapat melakukan lebih dari yang baru saja kami tunjukkan kepada anda," kata Musk.

Untuk membuktikannya, Musk menunjukkan video dengan robot yang sama, yang terlihat membawa kotak di kantor, menyiram tanaman san mengeluarkan batang logam dari mekanisme di pabrik.

Ia menekankan bahwa robot itu adalah prototipe generasi pertama yang disebut Bumble C, yang pada akhirnya akan berkembang menjadi Optimus.

Namun berbeda dengan Bumble C, Optimus tidak memiliki kabel terbuka, desainnya pun jauh lebih ramping.

Robot itu memang bisa elambai, namun tampaknya tidak bisa berjalan.

Baca juga: Tesla Akan Produksi Robot Humanoid Optimus di 2023

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus. Optimus akan menjadi luar biasa dalam 5 atau 10 tahun dan Tesla akan siap menerima pesanan untuk robot tersebut dalam 3 sampai 5 tahun," jelas Musk.

Menurutnya, banyak robot yang muncul sebelum bot Tesla namun tidak memiliki kecerdasan untuk menavigasi dunia sendiri, harganya pun tergolong mahal.

Sedangkan Optimus akan menjadi 'robot yang sangat mampu', dengan harga yang dibanderol kurang dari 20.000 dolar Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Tesla Serius Kembangkan Ribuan Robot Humanoid untuk Dipekerjakan di Pabriknya

Prototipe Optimus kedua memiliki berat 73 kg dan mengandalkan perangkat keras komputasi yang sama yang mendukung teknologi kendaraan otonom Tesla.

Baterainya memiliki kapasitas 2,3 kilowatt, menurut para insinyur Tesla, ini cukup untuk bekerja sehari penuh.

Nama tersebut tampaknya merupakan kiasan untuk 'Optimus Prime', robot fiksi dari franchise Transformers yang bercita-cita untuk hidup berdampingan dan saling menguntungkan dengan umat manusia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas