Tribun Techno

Samsung Akan Genjot Produksi Chip Canggih Hingga Tiga Kali Lipat pada 2027

Samsung telah mulai memproduksi chip secara massal dengan teknologi 3-nm pada Juni 2022.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Samsung Akan Genjot Produksi Chip Canggih Hingga Tiga Kali Lipat pada 2027
SamMobile
Ilustrasi chip. Samsung sedang dalam pembicaraan dengan pelanggan potensial untuk kolaborasi 3-nm, termasuk Qualcomm, Tesla dan Advanced Micro Devices. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Samsung Electronics melalui bisnis manufaktur chipnya, mengumumkan rencana untuk meningkatkan lebih dari tiga kali lipat kapasitas produksi chip canggihnya pada 2027.

Pabrik terbesar kedua di dunia setelah Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), menargetkan produksi massal chip teknologi 2-nanometer canggih pada 2025 dan chip 1,4-nm pada 2027, ditetapkan untuk digunakan dalam aplikasi seperti komputasi kinerja tinggi dan kecerdasan buatan (AI).

“Ada beberapa kemajuan tahun ini dan proses pembuatan chip canggih Samsung akan dimulai antara 2 hingga 3 tahun kemudian,” kata Moonsoo Kang, wakil presiden bisnis pengecoran Samsung Electronics.

Baca juga: Pacu Produksi Chip di Hiroshima, Jepang Suntikan 320 Juta Dolar AS Pada Micron Technology

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (4/10/2022) Samsung telah mulai memproduksi chip secara massal dengan teknologi 3-nm pada bulan Juni.

Perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan pelanggan potensial untuk kolaborasi 3-nm, termasuk Qualcomm, Tesla dan Advanced Micro Devices.

Samsung, yang juga merupakan pembuat chip memori terbesar di dunia, mengalami kesulitan memenuhi harapan klien dalam beberapa tahun terakhir.

Analis menganggap perusahaan telah mendorong teknologi canggih terlalu cepat untuk bersaing dengan TSMC, tetapi menderita karena kurang berpengalaman dengan kerjasama klien jangka panjang yang dibutuhkan dalam pembuatan kontrak.

Sementara itu, Co-CEO Samsung, Kyung Kye-hyun mengatakan bahwa bisnis pengecorannya telah tertinggal dari pengembangan dan kinerja TSMC untuk chip 5- dan 4-nm, tetapi pelanggan tertarik pada chip 3-nm versi kedua yang akan dibuat mulai 2024.

“Kami telah memenuhi harapan pelanggan sejak dimulainya produksi massal 3-nm tahun ini,” kata Kang.

Dia mencatat bahwa permintaan untuk chip 5-nm telah meningkat dengan cepat, meskipun ada tekanan inflasi saat ini karena ekspansi jangka panjang dari komputasi kinerja tinggi, kecerdasan buatan, konektivitas 5G dan 6G, dan aplikasi otomotif.

“Pelanggan sangat tertarik dengan produksi di Amerika Serikat, untuk stabilitas rantai pasokan,” kata Kang.

"Situs Taylor kami sangat besar, ini adalah situs yang bagus untuk ekspansi," tambahnya.

Saat ini, Samsung sedang mengembangkan pusat manufaktur chip di Taylor, Texas dan direncanakan mulai beroperasi pada 2024 mendatang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas