Tribun Techno

Ikuti Peraturan Uni Eropa, Apple Akan Gunakan USB-C untuk Perangkat iPhone pada Akhir 2024 

Banyak perangkat seluler telah beralih ke USB Type C, Apple masih menawarkan konektor Lighting miliknya di iPhone, AirPods dan perangkat lainnya.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ikuti Peraturan Uni Eropa, Apple Akan Gunakan USB-C untuk Perangkat iPhone pada Akhir 2024 
Brittany Hosea-Small / AFP
iPhone 14 Pro dan iPhone14 Pro Max baru ditampilkan selama acara peluncuran produk baru di Apple Park di Cupertino, California, pada 7 September 2022. Apple meluncurkan beberapa produk baru termasuk iPhone 14 dan 14 Pro baru, tiga jam tangan Apple, dan AirPod Pro baru dalam acara tersebut. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Uni Eropa sepakat menjadikan USB Type C sebagai port pengisian daya standar untuk smartphone, tablet, kamera dan perangkat lainnya.

Sementara banyak perangkat seluler telah beralih ke USB Type C, Apple masih menawarkan konektor Lighting miliknya di iPhone, AirPods dan perangkat lainnya.

Dengan undang-undang baru yang berlaku di Uni Eropa, Apple harus beralih ke USB Type C pada akhir tahun 2024.

Melansir dari XDA Deveopers, Parlemen Eropa dalam siaran persnya menyatakan semua ponsel, tablet dan kamera yang dijual di kawasan Uni Eropa harus "dilengkapi dengan port pengisian daya USB Type-C" pada akhir tahun 2024. Persyaratan baru akan diperluas untuk mencakup laptop di musim semi 2026.

Baca juga: Cek Begini Cara Pindahkan WhatsApp dari Android ke iPhone 14 Tanpa Menghapus Data

"Terlepas dari produsennya, semua ponsel baru, tablet, kamera digital, headphone dan headset, konsol videogame genggam dan speaker portabel, e-reader, keyboard, mouse, sistem navigasi portabel, earbud, dan laptop yang dapat diisi ulang melalui kabel kabel, beroperasi dengan pengiriman daya hingga 100 Watt, harus dilengkapi dengan port USB Type-C," ujar Parlemen Eropa dalam siaran pers tersebut.

Karena undang-udang baru tidak mencakup pengisian daya nirkabel, Komisi Eropa berencana menerapkan persyaratan interoprabilitas baru pada akhir tahun 2024.

Dewan Eropa masih harus menyerujui secara resmi arahan tersebut sebelum diterbitkan di Jurnal Resmi Uni Eropa. Undang-undang tersebut akan mulai berlaku 20 hari setelah diterbitkan.

Negara-negara anggota UE memiliki waktu 12 bulan untuk mengubah aturan dan 12 bulan setelah periode transposisi untuk menerapkannya. Peraturan tidak akan berlaku untuk produk yang memasuki pasar sebelum tanggal peraturan diberlakukan.

Peraturan tersebut dibuat untuk mengurangi limbah elektronik dengan membiarkan orang menggunakan pengisi daya yang ada untuk memberi daya pada perangkat baru. Selain itu, peraturan juga bertujuan menghilangkan penguncian teknologi yang membuat pengguna terikat pada format milik satu produsen.

Meskipun undang-undang mengharuskan semua perangkat untuk beralih ke USB Type C pada akhir tahun 2024, Apple dapat melakukan perubahan tersebut paling cepat tahun depan.

Perusahaan itu dilaporkan telah menguji iPhone dengan USB-C secara internal, dan jajaran iPhone 15 tahun depan dapat menandai peralihan ke USB-C.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas