Tribun Techno

Kemenkominfo: Pemerintah Luncurkan Satelit SATRIA pada 2023 untuk Perluas Jaringan

Bonifasius mengatakan pembangunan infrastruktur digital ini dilakukan agar terjadi pemerataan akses digital.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemenkominfo: Pemerintah Luncurkan Satelit SATRIA pada 2023 untuk Perluas Jaringan
Maxar Technologies
Ilustrasi: Satelit Maxar merekam aktivitas 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan Pemerintah akan meluncurkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA) pada tahun 2023.

Bonifasius mengatakan pembangunan infrastruktur digital ini dilakukan agar terjadi
pemerataan akses digital.

"Pemerintah akan meluncurkan satelit satria di tahun 2023 sehingga diharapkan saudara-saudara di luar pulau Jawa khususnya di bagian pelosok timur dapat memanfaatkan internetnya dengan satelit satria,” jelas Bonifasius melalui keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bonifasius dalam kuliah umum literasi digital pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bali Internasional (UNBI).

Baca juga: Samsung akan Hadirkan Fitur Konektivitas Satelit di Smartphone

Bonifasius menyampaikan bahwa seharusnya masyarakat informasi memanfaatkan teknologi yang tersedia pada saat ini.

"Di era global ini, kita sebagai masyarakat informasi jangan sampai terkena informasi yang salah, saring sebelum sharing, jangan terprovokasi, dan jangan terbawa oleh fenomena post-truth," ucap Bonifasius.

Tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai literasi digital kepada mahasiswa baru agar dapat memaksimalkan pemanfaatan dari internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif

Kegiatan ini diikuti oleh total 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru, dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan di Aula Universitas Bali Internasional, Kota Denpasar, Bali.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori sedang dengan angka 3.49 dari 5,00.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas