Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Bikin Bingung, Aplikasi Spotify Terinstal Otomatis di Windows 10 dan 11

Beberapa pengguna Windows 10 dan 11 mengatakan aplikasi Spotify secara misterius terinstal sendiri dan muncul di taskbar PC.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bikin Bingung, Aplikasi Spotify Terinstal Otomatis di Windows 10 dan 11
tangkap layar dari cnet.com
Windows 11. Beberapa pengguna Windows 10 dan 11 mengatakan aplikasi Spotify secara misterius terinstal sendiri dan muncul di taskbar personal computer (PC) mereka. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Beberapa pengguna Windows 10 dan 11 mengatakan aplikasi Spotify secara misterius terinstal sendiri dan muncul di taskbar personal computer (PC) mereka.

Kejadian ini sebenarnya bukan hal asing bagi pengguna Microsoft, yang seringkali mendapati sebuah aplikasi terinstal secara otomatis di perangkatnya. Namun biasanya Microsoft akan memberi semacam pemberitahuan atau pengumuman sebelum hal itu terjadi.

Meski layanan streaming audio asal Swedia ini banyak digemari dan memiliki banyak pengguna, namun tidak semua orang senang dengan kemunculan "tiba-tiba" Spotify di PC mereka.

Baca juga: Lewat Aplikasi Besutan Intel, Pengguna Android dan Ios Kini Dapat Terkoneksi dengan Windows




Melansir dari Beta News, banyak pengguna mengatakan kemunculan Spotify di taskbar Windows mereka sangat "membingungkan" sekaligus "menjengkelkan". Keberadaan Spotify di Windows 10 dan 11 biasanya ditawarkan via recommended content di start menu.

Beberapa pengguna mengungkapkan kekesalan mereka ke platform media sosial Reddit atau forum dukungan Microsoft.

"Saya tidak bisa menghapus folder spotify yang mirip virus, karena meskipun itu komputer saya dan saya sebagai pemiliknya, ternyata saya tidak bertanggung jawab atas komputer saya sendiri," kata seorang pengguna di forum dukungan Microsoft.

Ketika mendapati kasus yang sama pada Windows yang baru selesai melakukan clean install dan muncul aplikasi spotify, aplikasi tersebut sebenarnya masih berupa shortcut yang mana jika pengguna klik, maka aplikasi tersebut akan mendownload secara otomatis.

BERITA TERKAIT

Belum ada komentar dari Spotify dan Microsoft, sehingga belum jelas apakah instalasi paksa ini adalah sebuah kesalahan atau kedua perusahaan itu telah menjalin kemitraan.

Baca juga: Saham Twitter Naik 22 Persen Usai Elon Musk Berencana Melanjutkan Pembelian Aplikasi Burung Biru

Jika Anda terkejut dengan kemunculan aplikasi streaming audio tersebut di komputer Anda dan ingin menghapusnya, silakan Anda menghapusnya melalui cara berikut ini:

1. Buka aplikasi Settings

2. Pilih Apps lalu klik Apps & features

3. Cari Spotify di daftar aplikasi atau telusuri daftar untuk menemukan aplikasi yang diinstal.

4. Tekan menu titik tiga di sebelahnya dan pilih opsi uninstall

5. Konfirmasikan prompt uninstall untuk mulai menghapus aplikasi dari sistem. Aplikasi Spotify akan dihapus secara otomatis selama proses tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas