Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Microsoft Luncurkan Aplikasi Desain Grafis 'Designer' untuk Saingi Canva

Microsoft Corporation meluncurkan aplikasi desain grafis sederhana yang diberi nama Designer, Rabu (12/10/2022) kemarin.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Microsoft Luncurkan Aplikasi Desain Grafis 'Designer' untuk Saingi Canva
Geeky Gadgets
Microsoft Corporation meluncurkan aplikasi desain grafis sederhana yang diberi nama Designer, Rabu (12/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Raksasa teknologi Microsoft Corporation meluncurkan aplikasi desain grafis sederhana yang diberi nama Designer, Rabu (12/10/2022) kemarin.

"Layanan Designer akan tersedia secara gratis dan sebagai bagian dari "langganan perangkat lunak produktivitas Office," sebut Microsoft dalam pernyataannya.

Designer digadang-gadang sebagai saingan dari Canva, aplikasi desain yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Canva yang berbasis di Australia ini memiliki nilai valuasi senilai 40 miliar dolar AS pada tahun 2021.dan menjadi salah satu dari lima startup paling bernilai di dunia

Juru bicara Microsoft mengungkapkan, aplikasi Designer dapat digunakan oleh pekerja di perusahaan, lembaga pemerintah dan sekolah.

"Pada awalnya (Designer) membidik konsumen. Tetapi aplikasi ini juga terbukti bermanfaat bagi pekerja di dalam perusahaan, lembaga pemerintah, dan sekolah, di mana Microsoft memiliki basis pengguna yang lebih besar. Microsoft dapat memperluas Designer ke pasar tambahan, termasuk perusahaan, jika dirasa cukup menarik," kata juru bicara tersebut, yang dikutip dari CNBC.

BERITA REKOMENDASI

Selain Canva, peluncuran Designer kemungkinan akan membuat Microsoft berhadapan dengan Adobe Express, platform desain berbasis situs web dan aplikasi mobile milik Adobe.

Namun Microsoft memiliki kemitraan yang erat dengan Adobe, dan kedua perusahaan ini memiliki lebih dari 30 integrasi produk.

Baca juga: Microsoft Lakukan Pembaruan pada Windows 11, Cek Fitur-fitur Terbarunya

“Adobe tetap menjadi mitra strategis utama kami dalam skala besar dan aplikasi desain konsumen baru ini tidak mengubah keterlibatan kami dengan Adobe dengan cara apa pun,” kata juru bicara Microsoft.

Designer dapat secara otomatis menampilkan desain visual ketika penggunanya "memasukan teks", berkat integrasi dengan perangkat lunak kecerdasan buatan DALL-E 2 dari startup OpenAI yang didukung Microsoft.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Microsoft Word: Mudah dan Praktis

Sekarang, orang-orang dapat bergabung ke dalam daftar tunggu untuk preview gratis Designer secara online.

Setelah aplikasi itu tersedia secara umum, Microsoft akan mempertahankan Designer agar dapat digunakan secara gratis, serta menyediakan versi premium bagi mereka yang berlangganan Microsoft 365 Personal dan Microsoft 356 Family, tambah juru bicara Microsoft.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas