Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Hadapi Persaingan Apple dan Google, Microsoft Rilis Mobil Gaming Store Xbox

Diberi nama Xbox nantinya gaming store versi mobile akan menawarkan semua game yang telah dibuat Microsoft diantara seperti Call of Duty: Mobile

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Hadapi Persaingan Apple dan Google, Microsoft Rilis Mobil Gaming Store Xbox
doc Microsoft
Microsoft dilaporkan tengah bersiap mengembangkan toko gaming online, Xbox Store 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Microsoft dilaporkan tengah bersiap mengembangkan toko gaming online, langkah ini diambil guna menyusul Apple dan Google yang telah lebih dulu meluncurkan toko aplikasi bagi para penggunanya.

Diberi nama Xbox nantinya gaming store versi mobile akan menawarkan semua game yang telah dibuat Microsoft diantara seperti Call of Duty: Mobile, Candy Crush, serta Diablo Immortal.




Meski Microsoft belum memberikan pernyataan resmi terkait peluncuran Xbox Store, namun menurut seorang informan kepercayaan The Verge mengungkap bahwa Microsoft telah mengajukan sebuah dokumen ke Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA).

Baca juga: Microsoft Office Kini Ganti Nama Jadi Microsoft 365

Tidak dijelaskan secara rinci apa isi dari dokumen tersebut, namun publik meyakini bahwa dokumen yang diajukan Microsoft merupakan permohonan izin untuk pembuatan platform Xbox mobile game store.

Sebelum dokumen tersebut bocor, Microsoft beberapa kali sempat mengungkapkan ambisinya untuk terjun dalam industri gaming.

Bahkan untuk mempercepat ambisi tersebut, belakangan raksasa teknologi asal AS ini dilaporkan telah mengakuisisi  studio gaming Activision Blizzard.

BERITA TERKAIT

Microsoft mengungkap akuisisi ini dilakukan untuk membantu perusahaan membawa beberapa game buatannya ke platform mobile, dengan begini game-game Microsoft bisa lebih mendekatkan diri kepada para pecinta game online ponsel. Mengingat hingga kini Microsoft belum memiliki game mobile.

Baca juga: Game yang Hadir September 2022 di Xbox Game Pass: Disney Dreamlight Valley hingga Opus Magnum

Sayangnya Xbox Store terhalang untuk para pengguna iOS, ini lantaran toko game tersebut dibuat hanya untuk melayani para pengguna ponsel Android.

Belum diketahui apakah Microsoft akan merilis Xbox Store di iOS namun karena adanya kebijakan Apple yang memblokir aplikasi pihak ketiga untuk berjalan di perangkatnya, membuat beberapa pihak yakin apabila Xbox Store tidak akan diluncurkan di iOS dalam waktu dekat.

Tak hanya menghadirkan mobil game,  Microsoft juga dikabarkan akan menawarkan sistem pembayaran yang lebih luas bagi pengguna yang akan melakukan pembelian item dalam aplikasi.

Baca juga: Game yang Hadir September 2022 di Xbox Game Pass: Disney Dreamlight Valley hingga Opus Magnum

Dengan semua peluncuran ini Microsoft diprediksi dapat meraup pundi-pundi pendapatan yang luar biasa, mengingat saat ini popularitas game mobile tengah mengalami peningkatan pengguna, mengungguli jumlah pemain game konsol atau PC.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas