Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Laba Microsoft Merosot 14 Persen Terseret Melemahnya Industri Komputer Pribadi

Raksasa teknologi ini melaporkan laba bersih sebesar 17,6 miliar dolar AS di kuartal ketiga 2022, turun 14 persen dari tahun sebelumnya

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Laba Microsoft Merosot 14 Persen Terseret Melemahnya Industri Komputer Pribadi
TECH CRUNCH
Microsoft membukukan penurunan laba di kuartal ketiga tahun ini, karena perusahaan menghadapi perlambatan dalam industri komputer pribadi dan penurunan ekonomi yang lebih luas. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Microsoft membukukan penurunan laba di kuartal ketiga tahun ini, karena perusahaan menghadapi perlambatan dalam industri komputer pribadi dan penurunan ekonomi yang lebih luas.

Dikutip dari CNN, raksasa teknologi ini melaporkan laba bersih sebesar 17,6 miliar dolar AS di kuartal ketiga 2022, turun 14 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, pendapatan Microsoft naik sedikit menjadi 50,1 miliar dolar AS.




Unit layanan cloud Azure Microsoft melihat peningkatan pendapatan sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya, namun pertumbuhannya lebih lambat dari yang diharapkan beberapa analis untuk divisi yang menjadi salah satu "titik terang" bagi perusahaan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Microsoft Office Kini Ganti Nama Jadi Microsoft 365

Sedangkan bagian lain dari bisnis Microsoft dilaporkan mengalami penurunan. Raksasa teknologi ini mengatakan, pendapatan dari operasi OEM Windows-nya turun 15 persen dari tahun lalu, karena permintaan untuk komputer pribadi (PC) turun tajam.

Perusahaan konsultan Gartner melaporkan awal bulan ini pengiriman PC di seluruh dunia turun 19,5 persen di kuartal ketiga ini.

Ini menjadi penurunan paling tajam sejak Gartner mulai melacak pasar PC pada pertengahan 1990-an.

BERITA TERKAIT

Microsoft juga mengatakan pendapatan dari konten dan layanan Xbox turun 3 persen. Perusahaan dilaporkan baru-baru ini memberhentikan karyawan di divisi Xbox, untuk memangkas biaya.

Saham Microsoft turun 2 persen dalam perdagangan Selasa (25/10/2022), menyusul laporan pendapatan perusahaan.

Saham perusahaan ini jatuh lebih dari 25 persen sejak awal tahun, karena meningkatnya inflasi, ketidakpastian geopolitik dari perang di Ukraina dan lebih banyak lagi hambatan ekonomi makro yang mendatangkan malapetaka bagi industri teknologi.

“Dalam lingkungan ini, kami fokus membantu pelanggan kami melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit, sambil berinvestasi di area pertumbuhan sekuler dan mengelola struktur biaya kami dengan cara yang disiplin,” kata CEO Microsoft, Satya Nadella, dalam sebuah pernyataan saat mengumumkan pendapatan kuartalan.

Baca juga: Tak Terpengaruh Ketegangan Konflik AS - China, Microsoft Ajak Bytedance Kembangkan Aplikasi AI

Analis senior di Investing.com, Haris Anwar menyebut laporan pendapatan Microsoft sebagai "kantong campuran", dengan mengatakan meskipun Microsoft menunjukkan ketahanannya dalam mengatasi gejolak ekonomi namun perlambatan pertumbuhan di komputasi awan dapat mempengaruhi pandangan investor di pasar saham.

“Ini menunjukkan bahwa Microsoft mengatasi badai ekonomi lebih baik daripada pemain teknologi lainnya dan model bisnisnya yang beragam memainkan peran besar dalam melakukannya.

Jika perlambatan pertumbuhan ini terus berlanjut, dapat merugikan kasus investasi pada saham perusahaan yang dianggap sebagai safe-haven di tengah gejolak pasar, dengan kekhawatiran ini tercermin pada saham perusahaan yang turun dalam perdagangan yang diperpanjang,” kata Anwar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas