Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Jadi Konten Kreator di TipTip Diklaim Bisa Raup hingga Rp 5 Juta Per Bulan

TipTip melihat potensi pasar kreator sangat besar di wilayah Asia Tenggara, dengan jumlah di Indonesia sendiri diperkirakan akan terus bertumbuh

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jadi Konten Kreator di TipTip Diklaim Bisa Raup hingga Rp 5 Juta Per Bulan
Kolase Tribunnews/Instagram @deltahesti/Instagram @brojabrooo
Ilustrasi: Konten kreator Surabaya menggelar fashion show layaknay Citayam Fashion Week di Jalan Tunjungan pada Kamis (21/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- TipTip melihat potensi pasar kreator sangat besar di wilayah Asia Tenggara, dengan jumlah di Indonesia sendiri diperkirakan akan terus bertumbuh sebanyak 15 persen per tahun hingga 2027.

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) TipTip Albert Lucius mengatakan, TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui sebuah ekosistem ekonomi kreator yang terus berkembang.

Karena itu, peluang menjadi konten kreator di TipTip diklaim menjanjikan karena bisa meraup pendapatan sekira Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

"Jadi sejak Juli (2022 diluncurkan), tersebar di 33 kota di Indonesia dan syukurnya dari konten kreator yang sudah masuk itu rata-rata sudah Rp 4 juta sampai Rp 5 juta setiap bulan," ujarnya dalam konferensi pers "TipTip Platform Berkarya Bagi Kreator Konten Indonesia" di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Jellysmack Inks dan WebTVasia Teken Pendanaan 30 Juta Dolar untuk Konten Kreator di Asia Pasifik

Lebih lanjut, Albert mengungkapkan, TipTip berkomitmen ingin membawa semangat pemberdayaan baru dengan menyediakan wadah yang bisa menjawab tantangan kreator akan kendala monetisasi yang belum banyak diangkat oleh private sectors lainnya.

"Pertumbuhan industri kreatif cepat sekali, apalagi sejak pandemi kita pulih. Banyak yang tertarik jadi konten kreatif dan mendapatkan apresiasi, dengan ini kita bisa membantu industri kreatif Indonesia," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, tidak hanya membebaskan kreator dari tuntutan algoritma dan kompleksitas platform, pihaknya berharap kreator Indonesia bisa bebas membuat konten yang bagus dengan TipTip membantu monetisasinya.

"Itu yang membuat kita berbeda sekali, bisa gerak cepat, dan mendukung pertumbuhan konten kreator," tutur dia.
Untuk mendorong pertumbuhan itu, TipTip meningkatkan beberapa fitur pengalaman yang semakin memudahkan komunitas TipTip memonetisasi passion mereka.

"Kreator bisa menjual digital konten atau membuat live session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya. Tidak hanya bagi para pembuat konten, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan digital konten kreator manapun dan mendapatkan penghasilan darinya," pungkas Albert.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas