Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Mengenal eSIM, Cara Praktis Berinternet untuk Pengguna iPhone yang Traveling ke Luar Negeri

Salah satu kebutuhan penting buat traveler saat liburan atau bepergian ke luar negeri adalah kebutuhan mengakses internet mobile.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Mengenal eSIM, Cara Praktis Berinternet untuk Pengguna iPhone yang Traveling ke Luar Negeri
istimewa
Mengenal eSIM, Cara Praktis Berinternet untuk Pengguna iPhone yang Traveling ke Luar Negeri 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Salah satu kebutuhan penting buat traveler saat liburan atau bepergian ke luar negeri adalah kebutuhan mengakses internet mobile.

Namun, sering terkendala oleh ribetnya mengurus roaming sebelum berangkat maupun mahalnya biaya atau alternatifnya membeli sim card lokal di negara tujuan.

Di penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022 yang berlangsung dari 28 – 30 Oktober 2022 lalu di ICE BSD, Tangerang, sempat dipamerkan eSIM atau embedded SIM untuk traveler ke luar negeri.

Perangkat ini ditujukan untuk para pengguna iPhone. Andintya Maris selaku CEO JavaMiFi menuturkan, antusiasme para pengguna iPhone cukup tinggi terhadap eSIM ini di GATF.

Baca juga: Garuda Perluas Gelaran GATF 2022 Serentak di Kota Besar Indonesia

Dia menyatakan sejak diluncurkannya eSIM Traveling pada 14 September 2022 lalu, pihaknya sudah menjual ke ribuan pengguna iPhone di Indonesia.

“eSIM Traveling by JavaMiFi adalah solusi baru untuk para traveler mengakses internet di luar negeri. Karena pemakaian teknologi eSIM ini sangat mudah, pengguna hanya tinggal scan QR Code, sudah bisa langsung connect. Tanpa antre, tanpa registrasi." ujarnya, dalam pernyataan tertulis yang dikutip Minggu, 6 November 2022.

BERITA TERKAIT

Dia membeberkan, teknologi eSIM dinilai lebih seamless dan aman, terutama saat pengguna melakukan perjalanan ke luar negeri.

Berbeda dengan kartu SIM fisik yang harus dibongkar-pasang, penggunaan eSIM juga jauh lebih aman karena tidak bisa dikeluarkan dari perangkat dengan mudah jika pengguna mengalami musibah kehilangan atau kecurian saat di luar negeri. Karena dengan eSIM, pengguna bisa melacak di mana lokasi ponsel mereka berada.

Dia menambahkan, Apple telah resmi menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seri terbarunya iPhone 14 series di Amerika Serikat sehingga sepenuhnya akan menggunakan eSIM.

Meskipun hanya di Amerika Serikat, tidak menutup kemungkinan di masa mendatang nanti penggunaan eSIM only akan diterapkan oleh semua brand smartphone di seluruh negara di dunia. Berhubung produk Apple selalu jadi trend-setter bagi semua teknologi smartphone.

Saat ini belum semua jenis dan brand smartphone bisa menggunakan eSIM, tapi diharapkan untuk kedepannya eSIM Traveling ini juga bisa digunakan untuk semua smartphone di masa datang.

Kehadiran teknologi ini juga diharapkan bisa menjadi solusi internet luar negeri yang praktis dan tanpa perlu registrasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas