Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Elon Musk Ancam Pengguna Twitter, Akun KW Bakal Kena Penangguhan Permanen

Elon Musk mengancam akan menangguhkan akun yang terbukti meniru identitas orang lain atau plagiat.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Elon Musk Ancam Pengguna Twitter, Akun KW Bakal Kena Penangguhan Permanen
Mashable India
Elon Musk mengancam akan menangguhkan akun yang terbukti meniru identitas orang lain atau plagiat. Penangguhan akan dilakukan secara permanen tanpa ada peringatan kepada pengguna. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – CEO baru Twitter Elon Musk mengancam akan menangguhkan akun yang terbukti meniru identitas orang lain atau plagiat. Penangguhan akan dilakukan secara permanen tanpa ada peringatan kepada pengguna.

Pernyataan tersebut dilontarkan Elon Musk usai sejumlah selebriti yang kecewa dengan kebijakan baru Twitter kompak mengubah nama akun mereka dengan nama "Elon Musk" tak hanya itu mereka bahkan turut mengejek miliarder itu.

Mengutip dari BBC International, aksi ini dilakukan sebagai bentuk sindiran para selebriti atas keputusan Musk yang melakukan PHK massal serta mewajibkan akun terverifikasi untuk membayarkan biaya langganan sebesar 8 dolar AS atau sekitar Rp 125 ribu per bulan (dengan kurs Rp 15.663).

Sayangnya, sindiran yang dilakukan para selebriti ini membuat Musk kesal, hingga akhirnya CEO dari platform berlogo burung biru itu mengeluarkan peringatan keras dengan memperbaharui fitur verifikasi sehingga akun yang terdeteksi sebagai plagiat akan langsung ditangguhkan secara permanen  

"Ke depan, setiap akun Twitter yang terlibat dalam peniruan identitas tanpa secara jelas menyebutkan 'parodi' akan ditangguhkan secara permanen," kata Musk.

Menurut Elon Musk, aksi plagiarisme dengan melakukan perubahan nama akun dapat merugikan pemilik akun asli dan berpotensi mendatangkan ancaman scam.

BERITA TERKAIT

Alasan ini yang kemudian mendorong Musk untuk menerapkan kebijakan penangguhan akun.

Baca juga: PHK Twitter Berlanjut, 90 Karyawan di India Dipecat Elon Musk

“Ini merupakan pelanggaran, perubahan nama apa pun akan menyebabkan hilangnya tanda centang biru sehingga mereka tidak akan lagi terdaftar ke Twitter Blue," kata Musk.

Elon Musk tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi kembalinya akun pengguna yang telah ditangguhkan.

Namun menurut BBC, usai kebijakan tersebut diberlakukan pada Minggu (6/11/2022) sejumlah akun selebritis dilaporkan ditangguhkan Twitter,

Baca juga: Twitter Tunda Peluncuran Lencana Verifikasi Hingga Berakhirnya Pemilihan Paruh Waktu AS

Diantaranya akun Komedian Kathy Griffin yang ditangguhkan setelah dia mengganti nama dan foto profilnya menjadi Musk.

Sementara itu, aktor Valerie Bertinelli juga melaporkan bahwa akunnya ikut ditangguhkan setelah menggunakan nama layar Musk, mengunggah serangkaian tweet untuk mendukung kandidat Demokrat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas