Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

TSMC akan Produksi Chip Canggih dengan Teknologi 3nm di Pabrik Baru Arizona

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) berencana untuk memproduksi chip dengan teknologi 3 nanometer canggih di pabrik barunya

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in TSMC akan Produksi Chip Canggih dengan Teknologi 3nm di Pabrik Baru Arizona
Gizmochina
Ilustrasi Chip 3nm untuk perangkat Google Pixel 8. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) berencana untuk memproduksi chip dengan teknologi 3 nanometer canggih di pabrik barunya yang berlokasi di Arizona, Amerika Serikat.

Adapun, Reuters pada tahun lalu telah melaporkan bahwa TSMC akan mendirikan sebuah pabrik chip baru senilai 12 miliar dolar AS di Arizona, yang nantinya akan memproduksi chip canggih dengan teknologi 3 nanometer

Berbicara kepada wartawan di Taipei sekembalinya dari KTT APEC, Morris Chang yang merupakan pendiri TSMC mengatakan bahwa perusahaan akan segera memproduksi chip canggih di pabrik Arizona.

“Kami memiliki rencana untuk membuat chip canggih di Arizona, sembari menunggu tahap akhir penyelesaian pembangunan pabrik,” kata Chang.

Baca juga: Apple Berencana Beli Chip dari Pabrikan Amerika Serikat dan Eropa

Dilansir dari Reuters, Chang juga mengungkapkan bahwa perusahaan akan mengadakan upacara peresmian pabrik barunya tersebut pada 6 Desember mendatang.

Dia berencana untuk hadir dalam upacara peresmian itu bersama dengan pelanggan dan pemasok TSMC serta Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo.

BERITA TERKAIT

Pihaknya pun juga turut mengundang Presiden AS Joe Biden, tetapi belum diketahui apakah orang nomor satu di AS itu akan hadir atau tidak.

Seperti diketahui, Taiwan yang merupakan rumah bagi pembuat chip kontrak terbesar di dunia TSMC, memainkan peran yang sangat besar dalam menyediakan chip yang digunakan dalam segala hal mulai dari industri otomotif, peralatan elektronik, hingga industri dirgantara dan juga merupakan pemasok utama bagi perusahaan seperti Apple.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas