Tribun Techno

Tiga Hal Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren di Instagram Tahun 2023

Sebagian besar tagar terpopuler di Instagram berhubungan dengan konten makanan dan traveling seperti #Pesonaindonesia

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tiga Hal Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren di Instagram Tahun 2023
Tribunnews/Aisyah
Pemaparan Director Creator Partnership Southeast Asia Meta, Revie Sylviana, di konferensi Pers #MetaID2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Director Creator Partnership Southeast Asia Meta, Revie Sylviana mengungkapkan tiga prediksi yang bakal menjadi tren di Instagram di pada tahun 2023 mendatang.

Tren pertama adalah konten kuliner dan wisata. Sebagian besar tagar terpopuler di Instagram berhubungan dengan konten makanan dan traveling seperti #Pesonaindonesia.

"#pesonaindonesia digunakan sebanyak 11 juta tahun ini. Dan 37 persen Gen Z Indonesia menjadi kontributor dalam pertumbuhan tagar ini," ungkapnya pada Konferensi Pers #MetaID2023 yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (6/12/2022). 

Menurut Revie, munculnya trend ini mungkin dikarenakan pandemi yang mulai mereda dan masyarakat sudah bisa melakukan traveling. 

Lalu ada #bali yang digunakan 20.000 lebih dari tahun lalu.  Di sisi lain, 40 persen Gen Z memakai tagar #kuliner dan digunakan 6000 lebih banyak dibandingkan tahun lalu. 

Bali masih jadi tempat terfavorit, hasrage mejingkat di sana, hastage kuliner

Tren kedua adalah lagu indonesia. Menurut Revie, Gen Z ternyata lebih mengutamakan lagu Indonesia.

"Studi menyatakan 1 dari 2 gen z menggunakan lagu Yura berjudul Dunia Tipu-Tipu. Sedangkan 1 dari 3 menyukai lagu Ojo Dibandiken oleh Farel Prayoga," paparnya lagi. 

Beberapa lagu favorit Gen Z lainnya seperti Full Senyum Sayang oleh Evan Loss, I Love Mama Mantu oleh Bulan Sutena dan Hati-Hati di Jalan oleh Tulus. 

Baca juga: Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Bisa Dibagikan di Instagram hingga Twitter

Revie menyebutkan lagu pengiring yang sering dipakai dan jadi perhatian masyarakat Indonesia.  "Satu gerakan Mendung Tanpo Udan banyak digunakan gen Z," katanya lagi menambahkan. 

Baca juga: Instagram Luncurkan Fitur Baru di Reels, Pengguna Bisa Atur Penjadwalan Postingan

Tren terakhir adalah metaverse, minat Gen Z terus meningkat terhadap elemen-elemen WEB 3, seperti Avatar, AR, VR dan NFT. 

"Sebanyak 65 persen dari Gen Z Indonesia ingin melihat lebih banyak lagi fitur VR di Instagram," pungkasnya. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas