Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Meta Siap Rilis Media Sosial Baru yang Mirip Twitter

Pada media sosial yang akan segera diluncurkan ini Meta Platforms Inc. akan menyematkan beberapa ftur yang tidak ada di Twitter.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Meta Siap Rilis Media Sosial Baru yang Mirip Twitter
dok.
Mark Zuckerberg mengungkap rencana Meta merilis media sosial baru untuk menyaingi Twitter. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – CEO sekaligus pemilik Meta Platforms Inc., Mark Zuckerberg mengungkap rencana Meta merilis media sosial baru untuk menyaingi Twitter.

Kabar tersebut terungkap setelah platform berlogo burung biru itu terus mengalami tekanan pasca diakuisisi Elon Musk.




Informasi perilisan media sosial ini pertama kali muncul saat Meta menggelar sesi diskusi antar karyawan, dalam pembicaraan tersebut salah satu karyawan menyampaikan ide untuk membuat suatu media sosial yang mirip seperti Twitter, mengingat saat ini platform milik Elon Musk tersebut dalam masa krisis karena ditinggal pengguna dan investor.

"Twitter sedang dalam krisis dan Meta butuh kesuksesannya kembali. Yuk kita rebut mata pencaharian mereka," tulis seorang karyawan Meta dalam sebuah postingan.

Meski masih dalam tahap rencana, namun melansir dari Mashable, para pegawai Meta sempat mendiskusikan untuk membuat platform yang berfokus pada teks namun dioperasikan berdasarkan teknologi Instagram.

Pada media sosial yang akan segera diluncurkan ini Meta Platforms Inc. akan menyematkan beberapa ftur yang tidak ada di Twitter.

BERITA TERKAIT

Belum jelas apa pembaruan apa saja yang akan diusung, namun sejumlah nama telah disiapkan untuk calon pesaing Twitter ini seperti Realtime, Real Reels, dan Instant.

Baca juga: Meta, Induk Facebook Kuak Operasi Propaganda Individu dan Militer AS

Sebelum diakuisisi Elon Musk, CEO Meta awalnya tertarik untuk membeli Twitter di tahun 2008 lalu dengan harga 500 juta Dolar AS atau Rp 7,8 triliun (satuan kurs Rp 15.603), namun rencananya tersebut gagal direalisasikan.

Selain merilis medsos mirip Twitter, rencananya karyawan Meta juga tengah mempertimbangkan untuk membangun fitur berbasis teks ke dalam platform Instagram.

Baca juga: Jadi Pesaing Meta, Apple Siap Terjun ke Metaverse di 2023

Nantinya fitur ini dapat menjadi feed tambahan di tab "Reels" atau ke dalam "Instagram Notes".

Sesuai namanya, fitur Instagram Notes ini memungkinkan pengguna untuk berbagi pemikirannya melalui catatan atau dalam bentuk teks.

Walau masih dalam tahap uji coba namun Instagram Notes diperkirakan akan muncul di sisi atas dekat halaman Direct Message (DM) Instagram.

Baca juga: Meta Mulai Lakukan PHK Karyawan pada Rabu Pagi

Perilisan seperti ini bukan pertama kalinya yang dilakukan Meta, sebelumnya Meta pernah Meta merilis aplikasi Lasso yang mirip seperti tiruan TikTok.

Meta juga sempat meluncurkan Reels di Instagram yang sekilas memiliki bentuk yang sama seperti mirip fitur for your page di TikTok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas