Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Bakal Jadi Pesaing ChatGPT, Google Siapkan Aplikasi Bard

Google kini tengah bersiap merilis layanan chatbot AI bernama Bard sebagai pesaing ChatGPT

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bakal Jadi Pesaing ChatGPT, Google Siapkan Aplikasi Bard
Telegraph.co.uk
Google kini bersiap merilis layanan chatbot AI bernama Bard sebagai pesaing ChatGPT 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA –  Melesatnya popularitas ChatGPT dari OpenAI, mendorong CEO Alphabet Sundar Pichai untuk meluncurkan mesin pencarian atau chatbot yang ditenagai teknologi artificial intelligence (AI) pada layanan Google.

Lewat blog pribadinya, Sundar mengatakan perusahaan Google kini tengah merilis layanan chatbot AI bernama Bard.

Mirip seperti pesaingnya ChatGPT, layanan Bard dibuat dengan memanfaatkan data dari Google untuk mempermudah proses interaksi dengan pengguna. 

Namun dalam pembuatannya Brad mengusung banyak teknologi AI seri LaMDA (Language Model for Dialogue Applications).

Kelebihan ini membuat aplikasi Bard lebih akurat dalam memberikan informasi terkait bentuk, tempat dan waktu.

Bard juga diklaim memiliki database yang lebih besar ketimbang ChatGPT, lantaran Brad mengusung banyak kecanggihan teknologi AI diantaranya seperti PaLM, image generator Imagen, dan kreator musik MusicLM.

BERITA REKOMENDASI

"Bard berupaya menggabungkan luasnya pengetahuan dunia dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas dari large language models kami. (Alat) ini mengambil informasi dari web untuk menyediakan respons segar dan berkualitas tinggi," kata Pichai dalam postingan blog-nya.

Meski dukungan AI untuk mesin pencari ini terlihat lebih kompleks, namun berkat penyematan tersebut mendorong layanan mesin pencarian Brad untuk dapat menjawab perintah serta melakukan tugas-tugas seperti mengerjakan soal ujian, menghasilkan artikel, esai, hingga lelucon.

Baca juga: Raksasa Teknologi Berlomba Tiru ChatGPT, Karyawan: Risiko PHK Kian di Depan Mata

Hingga sejauh ini Google belum mengungkap lebih banyak informasi terkait Bard, namun melansir dari Bloomberg teknologi itu akan segera dirilis dalam acara Google Presents yang rencananya digelar pada 8 Februari 2023 di Paris, Perancis.

“Dalam waktu dekat kalian akan melihat fitur-fitur bertenaga AI dalam pencarian yang menyaring informasi kompleks dan beragam perspektif ke dalam format yang mudah dicerna, jadi kalian bisa dengan cepat memahami gambaran besarnya.” jelas Pichai.

Baca juga: Popularitas ChatGPT Pecah Rekor, Dalam Sehari Layani 13 Juta Pengguna

Selain menggenjor perilisan Apprentice Bard, raksasa Alphabet dilaporkan tengah menggenjot proyek baru untuk layanan cloud yang dinamai Atlas. 

Pengumuman tersebut dirilis Google di saat Microsoft tengah mempersiapkan peluncuran produk baru yang ditenagai kecanggihan AI pada mesin pencariannya yang bernama Bing.

Baca juga: Microsoft Bakal Balut Bing dengan Kecerdasan Buatan ChatGPT untuk Saingi Mesin Pencari Google

Untuk mempercepat perilisan layanan ini CEO Microsoft Satya Nadella bahkan rela mengucurkan miliaran dolar agar Microsoft dapat terintegrasi dengan kecanggihan teknologi OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT dan DALL-E.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas