Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Microsoft Hadirkan Chatbot Bing Khusus Perangkat Mobile iOS dan Android

Microsoft mengumumkan kehadiran layanan Bing chatbot yang ditenagai teknologi artificial intelligence (AI)

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in Microsoft Hadirkan Chatbot Bing Khusus Perangkat Mobile iOS dan Android
THINGLINK
Microsoft mengumumkan kehadiran layanan Bing chatbot yang ditenagai teknologi artificial intelligence (AI) khusus bagi perangkat mobile ios dan android. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIAMicrosoft mengumumkan kehadiran layanan Bing chatbot yang ditenagai teknologi artificial intelligence (AI) khusus bagi perangkat mobile ios dan android.

Lewat pengumuman yang dirilis perusahaan, Microsoft menjelaskan integrasi kecerdasan buatan dilakukan untuk membantu pengguna smartphone menjawab pertanyaan saat akan mengakses fitur-fitur Microsoft seperti layanan Edge.

“Kami resmi merilis semua aplikasi seluler Bing dan Edge baru untuk berfungsi sebagai kopilot Anda untuk web bahkan saat Anda jauh dari desktop,” ujar pengumuman Microsoft.

Baca juga: PHK Massal Bayangi Raksasa Teknologi Dunia, Setelah Amazon, Meta dan Twitter, Kini Giliran Microsoft

Tak hanya itu, pembaruan yang dilakukan Microsoft juga memungkinkan pengguna layanan Skype mengakses chatbot Bing lewat perangkat mobile. Dengan begini pengguna smartphone baik iOS ataupun android dapat menerjemahkan respon berupa bullet point, teks, atau jawaban sederhana dengan lebih dari 100 bahasa.

Kendati masih dalam tahap preview, namun langkah tersebut diklaim dapat memudahkan pengguna melakukan percakapan antarmuka yang lebih fleksibel seperti yang dikutip dari The Verge.

“Dengan beberapa jam untuk menjelajah, Bing membuat rencana perjalanan singkat, membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari kunjungan singkat Anda, dan bahkan menerjemahkan sepanjang jalan,” ujar Microsoft.

BERITA REKOMENDASI

Sebelum menikmati fasilitas teknologi AI yang ditawarkan Microsoft, nantinya pengguna yang ingin mencoba fitur ini diminta untuk mendaftar terlebih dahulu ketika akan memasuki daftar tunggu. Setelah mendapatkan akses pengguna bisa langsung menjajal teknologi Bing di smartphone.

Baca juga: Microsoft Berikan Dukungan Teknologi Bagi Startup Naungan LLV Melalui Program Founders Hub

Bing Diklaim Lebih Unggul dari Chatbot Pesaing

Selain Microsoft, melejitnya popularitas ChatGPT dari OpenAI mendorong CEO Alphabet Sundar Pichai untuk meluncurkan mesin pencarian atau chatbot yang ditenagai teknologi artificial intelligence (AI) pada layanan Google.

Lewat pengumuman yang dirilis dalam blog pribadinya, Sundar mengatakan perusahaan Google kini tengah merilis layanan chatbot AI bernama Bard. Mirip seperti pesaingnya Bing, layanan Bard dibuat dengan memanfaatkan data dari Google untuk mempermudah proses interaksi dengan pengguna.

Kendati begitu Microsoft mengklaim layanan chatbot besutanya lebih unggul, karena dapat menjawab pertanyaan cepat dan responsif ketimbang yang lainnya. Hal ini lantaran Bing mengadopsi kecanggihan GPT 3.5 yang ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas