Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Meta Kembali Siapkan PHK Putaran Baru, Sasar Ribuan Karyawan

Meta Platform Inc., tengah menyiapkan PHK putaran baru dengan menargetkan ribuan karyawan yang akan diberhentikan pada pekan ini.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Meta Kembali Siapkan PHK Putaran Baru, Sasar Ribuan Karyawan
CHRIS DELMAS / AFP
Meta Platform Inc., tengah menyiapkan PHK putaran baru dengan menargetkan ribuan karyawan yang akan diberhentikan pada pekan ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEW.COM, CALIFORNIA – Induk perusahaan Facebook, Meta Platform Inc., tengah menyiapkan pemutusan hubungan kerja (PHK) putaran baru dengan menargetkan ribuan karyawan, yang kemungkinan dilakukan pada pekan ini.

Sebelum CEO Mark Zuckerberg mengambil cuti menyambut kelahiran anak ketiganya yang diperkirakan lahir dalam beberapa minggu mendatang.




Mengutip dari Bloomberg, rencana PHK Meta terungkap setelah orang yang mengetahui masalah tersebut membocorkan informasi bahwa pekan ini Meta akan melakukan pemangkasan karyawan.

Lantaran selama beberapa bulan terakhir perusahaan terus mendapat tekanan mengenai target keuangan perusahaan.

PHK seperti bukan kali pertama yang dilakukan Meta.

Pada akhir November tahun lalu raksasa teknologi ini dilaporkan telah memangkas sekitar 13 persen staff atau sekitar dari 11.000 tenaga kerjanya guna menekan pembengkakan pengeluaran ditengah krisis yang dialami perusahaan.

BERITA TERKAIT

Di tahun 2022 pendapatan Meta dilaporkan anjlok, akibat terpukulnya bisnis penjualan iklan  serta pembengkakan biaya operasional proyek realitas virtual metaverse.

Serangkaian tekanan ini yang membuat  Meta membukukan kerugian hingga saham perusahaan susut sebanyak 70 persen selama tahun 2022.

Laba bersih perusahaan juga ikut terseret turun 55 persen dari 10,29 miliar dolar AS menjadi 3,67 dolar AS.

Baca juga: Meta PHK 11.000 Karyawan, Kelompok Big Tech Makin Pudar

“Sayangnya, ini tidak berjalan seperti yang saya harapkan. Perdagangan online tidak hanya kembali ke tren sebelumnya, tetapi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan hilangnya sinyal iklan telah menyebabkan pendapatan kami jauh lebih rendah dari yang saya perkirakan. Saya salah, dan saya bertanggung jawab untuk itu, ”kata Zuckerberg.

Baca juga: Tak Mau Ketinggalan, Meta Perkenalkan Model Bahasa AI Baru

Sinyal PHK telah berulang kali diserukan Mark Zuckerberg, bahkan sang CEO menjuluki 2023 sebagai tahun efisiensi karena akan ada banyak pemangkasan yang dilakukan Meta demi menekan kerugian perusahaan agar perusahaan dapat bertahan selama resesi.

Baca juga: Dianggap Sebagai Aplikasi Pengundang Malapetaka, AS Minta Meta Hentikan Proyek Metaverse

“Kami menutup tahun lalu dengan beberapa PHK yang sulit. Saat kami melakukan ini, saya menyatakan dengan jelas bahwa ditahun efisiensi ini kami akan kembali fokus merestrukturisasi beberapa tim,” ujar Zuckerberg dalam postingan Facebook 1 Februari lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas