Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Studi Kantar: Bagi 75 Persen Generasi MZ, Smartphone Bikin Mereka Merasa Lebih Superior dan Sukses

Sebanyak 75% generasi millennial dan Z menyebut, smartphone membuat mereka merasa lebih superior dan sukses.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Studi Kantar: Bagi 75 Persen Generasi MZ, Smartphone Bikin Mereka Merasa Lebih Superior dan Sukses
Istimewa
Generasi millennial dan Z (Gen MZ) tumbuh dengan internet dan teknologi sebagai bagian sentral dari kehidupan mereka, smartphone telah menjadi perangkat dari rutinitas sehari-hari generasi ini, bahkan memainkan peranan yang penting karena mampu meningkatkan kepercayaan diri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai generasi digital native, generasi millennial dan Z (Gen MZ) tumbuh dengan internet dan teknologi sebagai bagian sentral dari kehidupan mereka.

Smartphone telah menjadi perangkat dari rutinitas sehari-hari generasi ini, bahkan memainkan peranan yang penting.

Studi yang diadakan oleh Kantar Indonesia mendapati bahwa smartphone berperan membuat generasi ini tetap terhubung (51 persen) dan smartphone juga ternyata meningkatkan kepercayaan diri mereka.

"Sebanyak 75% Gen MZ mengatakan, smartphone membuat mereka merasa lebih superior dan sukses," kata Hanni Ummu, Account Director Kantar Indonesia dalam webinar belum lama ini.

Bagi Gen MZ, internet, media sosial, dan smartphone, bukan sekadar untuk senang-senang saja karena melalui smartphone mereka mengakses media sosial sebagai sumber inspirasi dan Internet untuk membuat mereka makin produktif.

Baca juga: Perangi Stunting, Kemkominfo Galakkan Kampanye untuk Generasi Muda Lewat Genbestival

"Studi mendapati bahwa 87% generasi ini memiliki akun media sosial," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Dalam survei ditemukan, sebanyak  61% Gen MZ membutuhkan smartphone yang memiliki value yang bagus, 51% lainnya menjadikan smartphone untuk melengkapi dan membuat hidup mereka lebih baik.

Oleh sebab itu, 39% mereka mencari smartphone yang memiliki perangkat keras (hardware).

Saat ini Gen MZ adalah generasi kreator, bukan sekadar penonton dan mereka mengejar hal-hal kreatif dengan penuh kesenangan.

Hal ini memicu berkembangnya platform live streaming dan media sosial.

Baca juga: Samsung akan Rilis 3 Model Galaxy Tab S9 di Paruh Kedua Tahun Ini

Konten-konten humor dan meme menjadi konsumsi sehari-hari. Generasi ini juga beralih ke micro-influencer yang selalu eksis dengan kreativitas otentik mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, sebagai digital-native, Gen MZ sangat menghargai kemajuan teknologi.

"Studi kami mendapati bahwa Gen MZ ini akan terus mencari value yang ada di smartphone mereka supaya mereka bisa stand out," kata Ricky.

Fakta inilah membuat samsung menghadirkan hape Galaxy A14 yang dilengkapi layar 6,6 inci yang luas dan memiliki resolusi FHD+ yang menggunakan prosesor Octa-Core dan RAM hingga 6GB yang bisa diperluas dengan RAM Plus hingga 6GB, sedangkan penyimpan data internal 128GB.

"Untuk menopang gaya hidup digital, Galaxy A14 juga sudah dilengkapi dengan NFC untuk kemudahan pengiriman file, top-up e-money, maupun melakukan pembayaran cashless saat mereka escape ke mana saja," kata Ricky.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas