Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Google Akan Hapus Akun Gmail yang Sudah Tidak Aktif Mulai Akhir Tahun Ini

Google baru-baru ini mengonfirmasi akan menerapkan kebijakan baru terkait penghapusan akun Gmail yang tidak aktif.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Google Akan Hapus Akun Gmail yang Sudah Tidak Aktif Mulai Akhir Tahun Ini
CNet
Google baru-baru ini mengonfirmasi akan menerapkan kebijakan baru terkait penghapusan akun Gmail yang tidak aktif. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Google baru-baru ini mengonfirmasi akan menerapkan kebijakan baru terkait penghapusan akun Gmail yang tidak aktif.

Pembaruan ini memengaruhi Akun Google pribadi dan mengecualikan akun yang dikelola oleh bisnis atau sekolah. Namun, akun dengan video YouTube tidak akan dihapus untuk melestarikan konten historis.

Proses penghapusan akan dimulai paling cepat pada Desember 2023, dan Google berencana untuk mengambil pendekatan bertahap, dimulai dengan menghapus akun Gmail yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan oleh penggunanya.

Baca juga: Ponsel Lipat Google Pixel Fold Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Untuk memastikan pengguna mendapat informasi dengan baik, beberapa notifikasi akan dikirim ke alamat email akun dan email pemulihan, jika tersedia, dalam beberapa bulan menjelang penghapusan.

Langkah kehati-hatian yang dilakukan Google ini bertujuan untuk memberi pengguna waktu yang cukup dalam mengambil tindakan atau mengambil data penting apa pun sebelum akun mereka dihapus secara permanen.

“Agar akun tetap aktif, pengguna perlu masuk secara berkala atau melakukan tindakan dasar seperti membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, mengunduh aplikasi dari Play Store, melakukan penelusuran dengan mesin pencari Google, atau masuk ke aplikasi pihak ketiga,” kata perusahaan itu,

BERITA TERKAIT

Google Tingkatkan Keamanan dan Optimalkan Ruang Penyimpanan

Upaya Google untuk menghapus akun Gmail yang sudah tidak aktif bukan tanpa sebab. Perusahaan ingin meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko yang terkait dengan pencurian identitas, spam, dan penyebaran konten berbahaya.

Pasalnya akun Gmail yang sudah tidak aktif terutama yang menggunakan kata sandi lama atau yang digunakan kembali, lebih rentan untuk disalahgunakan.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Prof Dr Sulianti Saroso ke-106, Ini Perjalanan Kariernya

Selain itu, pendekatan ini membantu membatasi penyimpanan informasi pribadi yang tidak terpakai, selaras dengan standar industri.

Perlu dicatat bahwa Google tidak akan membebaskan alamat Gmail untuk digunakan kembali saat akun dihapus, membedakan kebijakannya dari layanan lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas